Comscore Tracker

10 Momen HUT ke-75 RI di Jawa Tengah Abaikan Protokol Kesehatan Corona

Padahal kasus virus corona (COVID-19) di Jateng tinggi

Semarang, IDN Times - Pada Senin (17/8/2020) seluruh warga Indonesia memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaannya kali ini ditengah pandemik virus corona (COVID-19) yang masih melanda Tanah Air.

Beberapa momen perayaan digelar warga juga pejabat. Hanya saja banyak yang tak mengindahkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai upaya mencegah atau memutus mata rantai virus corona. Berikut 10 potret perayaan HUT ke-75 RI di Jawa Tengah yang diadakan tetapi tak mematuhi protokol kesehatan. Jangan ditiru!

1. Acara apel kebangsaan di Temanggung, Jawa Tengah

10 Momen HUT ke-75 RI di Jawa Tengah Abaikan Protokol Kesehatan CoronaANTARA FOTO/Anis Efizudin

Sejumlah penggemar sepeda onthel mengikuti apel kebangsaan memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di taman Pancasila Kota Temanggung, Jawa Tengah, pada Minggu (16/8/2020). Dalam apel tersebut mereka tampak tak kompak mengenakan masker dan mengabaikan physical distancing atau menjaga jarak.

Malahan puluhan penggemar sepeda Onthel yang tergabung dalam MAOSS (Maniak Sepeda Onthel Sindoro-Sumbing) tersebut melakukan aksi bersepeda keliling kota Temanggung dan mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

2. Upacara bendera pedagang dan pembeli di pasar tradisional Klaten

10 Momen HUT ke-75 RI di Jawa Tengah Abaikan Protokol Kesehatan CoronaANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Pedagang dan pembeli mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih di Pasar Nglondo, Tibayan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Senin (17/8/2020). Beberapa dari mereka sudah mengenakan masker, tetapi belum menjaga jarak antarsesama. Apalagi di lingkungan pasar tradisional yang notabene banyak bermunculan klaster-klaster baru COVID-19.

3. Upacara bendera warga di Temanggung

10 Momen HUT ke-75 RI di Jawa Tengah Abaikan Protokol Kesehatan CoronaANTARA FOTO/Anis Efizudin

Lagi-lagi di Temanggung, Jawa Tengah. Sejumlah warga mengikuti upacara bendera HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia di Curug Tarung kawasan lereng gunung Prahu Dusun Gunung Wuluh, Canggal, Candiroto, Selasa (18/8/2020). Upacara yang dilaksanakan di lokasi jalur perjuangan Pangeran Diponegoro tersebut tampak diikuti beberapa anak yang tak memakai masker dan berdekatan, menghiraukan untuk menjaga jarak.

4. Upacara bendera warga dan anak-anak di Pati

10 Momen HUT ke-75 RI di Jawa Tengah Abaikan Protokol Kesehatan CoronaANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Sejumlah warga Pati, Jawa Tengah juga menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih di Pegunungan Kendeng, Kedumulyo, Senin (17/8/2020). Anak-anak yang mengikuti acara itu juga tak padu memakai masker seperti halnya orang dewasa lainnya. 

Baca Juga: Sehari Pasien Positif Virus Corona di Jawa Tengah Tambah 232 Orang

5. Upacara bendera di lingkungan pasar tradisional di Klaten

10 Momen HUT ke-75 RI di Jawa Tengah Abaikan Protokol Kesehatan CoronaANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Upacara ini diikuti para pedagang dan pembeli di Pasar Nglondo, Tibayan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Senin (17/8/2020). Tampak mereka berkerumun dan tak menerapkan physical distancing di lingkungan pasar tradisional ketika mengikuti kegiatan.

6. Kirab Merah Putih di Kota Tegal

10 Momen HUT ke-75 RI di Jawa Tengah Abaikan Protokol Kesehatan CoronaANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Sejumlah pelajar membawa bendera merah putih saat Kirab Merah Putih di Tegal, Jawa Tengah, Senin (17/8/2020) malam. Kirab itu mengundang kerumunan warga dan tampak peserta kirab juga tak mengindahkan memakai masker dengan baik dan benar

7. Aksi bersih-bersih monumen pahlawan di Temanggung

10 Momen HUT ke-75 RI di Jawa Tengah Abaikan Protokol Kesehatan CoronaANTARA FOTO/Anis Efizudin

Beberapa warga yang membersihkan monumen pahlawan kemerdekaan Bambang Soegeng di Gumuk Godheg, Madureso, Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (16/8/2020) juga terlihat tak memakai masker. Ironisnya kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta dari berbagai elemen masyarakat di kabupaten tersebut.

8. Lomba balap karung di Surakarta (Kota Solo)

10 Momen HUT ke-75 RI di Jawa Tengah Abaikan Protokol Kesehatan CoronaANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Kali ini Tim Search and Rescue (SAR) Kota Surakarta menggelar lomba balap karung di Sungai Kali Anyar, Solo, Jawa Tengah, Selasa (18/8/2020). Hanya saja mereka para peserta lomba mengabaikan protokol kesehatan virus corona (COVID-19) dengan tak memakai masker.

9. Peresmian uang baru Rp75 ribu oleh Wali Kota Tegal

10 Momen HUT ke-75 RI di Jawa Tengah Abaikan Protokol Kesehatan CoronaANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono menunjukkan uang baru pecahan Rp75.000 saat Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia di Pendapa Tegal, Jawa Tengah, Senin (17/8/2020). Saat pengambilan foto terlihat Dedy tak memakai masker sesuai protokol kesehatan virus corona (COVID-19). Padahal beberapa tamu yang ada di belakangnya mengenakan masker.

10. Upacara bendera Ganjar bersama Ketua LVRI di Semarang

10 Momen HUT ke-75 RI di Jawa Tengah Abaikan Protokol Kesehatan CoronaDok. Humas Pemprov Jateng

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mempersilakan Ketua LVRI Jateng, M Amin Munadjat veteran berbagi ke podium saat upacara HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia di kantor Gubernur Jalan Pahlawan Semarang, Jawa Tengah. Ketika diminta naik memberikan amanat, Amin tampak tak memakai masker dan melepasnya, ia bawa di tangan. Sedangkan Ganjar juga tak tampak mengenakan masker saat itu. Padahal jumlah kasus virus corona (COVID-19) di Kota Semarang tinggi.

Sosialisasi tak henti-hentinya didengungkan agar masyarakat memakai selalu masker dengan baik dan benar, selalu menjaga jarak atau menerapkan physical distancing, juga untuk selalu mencuci tangan. Hal itu dilakukan untuk memutus penularan virus corona (COVID-19). Jika kita tak peduli, maka siapa lagi yang memedulikan Indonesia yang tengah berjuang untuk bangkit dari pandemik ini, dengan saling menjaga antarsesama agak kasus tak semakin naik. 

Baca Juga: Ingat! Pasien Positif Virus Corona di Jateng Sudah Tembus 11.793 Orang

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya