Comscore Tracker

100 Pelajar Semarang Pentaskan Gatotkaca Krida di Wayang for Student

Cerita tersebut mengajarkan tentang bela negara

Semarang, IDN Times - Guna melestarikan ragam budaya dan kesenian wayang di kalangan pelajar di Semarang, Jawa Tengah, digelar Wayang for Student 2019.

Acara tersebut melibatkan 100 pelajar yang berasal dari lima sekolah.

Baca Juga: Hari Wayang, Beskap Dalang Ki Manteb Jadi Koleksi Museum Ronggowarsito

1. Mengangkat tema Gatotkaca Krida

100 Pelajar Semarang Pentaskan Gatotkaca Krida di Wayang for StudentIDN Times/Dhana Kencana

Pementasan Wayang for Student 2019 yang mengangkat cerita Gatotkaca Krida digelar di Majapahit Convention Semarang, Selasa (19/11). Sebanyak 700 pelajar, guru, dan orangtua dari 10 sekolah diundang langsung untuk menikmati pementasan tersebut.

Lima sekolah terlibat dalam pementasan diantaranya SMA Negeri 1 Ungaran, SMA Negeri 2 Ungaran, SMP Negeri 30 Semarang, SMP Maria Mediatrix Semarang, dan SMK Negeri Jateng Semarang. Mereka yang tampil merupakan pelajar yang memiliki bakat dan minat di bidang seni tari, drama, suara, serta musik.

2. Sebagai upaya melestarikan budaya nasional

100 Pelajar Semarang Pentaskan Gatotkaca Krida di Wayang for StudentIDN Times/Dhana Kencana

Wayang for Student merupakan program CSR Bakti BCA sejak 2014 lalu. Acara yang telah diadakan kali kelima itu sengaja dihelat guna melahirkan generasi muda yang cinta budaya bangsa.

Menurut Executive Vice President CSR BCA, Inge Setiawati generasi muda saat ini cenderung tumbuh dan berkembang dengan berbagai layanan digital serta pengaruh pop culture yang cukup masif. Sementara budaya tradisional Indonesia perlahan mulai dilupakan.

"Kegiatan ini menjadi upaya pelestarian dan pengembangan budaya nasional. Jika bukan kita, siapa lagi yang melestarikannya," kata Inge.

3. Turut memperingati Hari Wayang Nasional

100 Pelajar Semarang Pentaskan Gatotkaca Krida di Wayang for StudentIDN Times/Dhana Kencana

Sementara itu, Direktur Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Restu Gunawan menyatakan bahwa acara Wayang for Student diadakan juga untuk memperingati Hari Wayang Nasional, yang jatuh di tanggal 7 Nopember setiap tahunnya.

Lebih dari itu, Wayang for Student juga dijadikan sebagai tempat serta sarana pentas terbaik bagi para pelajar agar kesenian dan budaya wayang tak punah di kalangan mereka.

"Ini sebagai etalase untuk tampil. Dengan demikian bisa menjadi modal anak-anak untuk bisa dilanjutkan di sekolah masing-masing. Baik untuk para pemainnya maupun yang melihatnya," terang Restu.

4. Ada nilai positif yang bisa dipetik dari cerita wayang

100 Pelajar Semarang Pentaskan Gatotkaca Krida di Wayang for StudentIDN Times/Dhana Kencana

Kegiatan Wayang for Student diharapkan dapat membangkitkan kecintaan para pelajar terhadap seni wayang dan mendapatkan nilai positif kehidupan melalui cerita wayang.

"Ada nilai positif yang muncul dari kegiatan ini. Harapannya wayang akan semakin dicintai dan tidak akan lupa pada akar budaya Indonesia," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah, Jumeri.

Sementara itu, cerita Gatotkaca Krida diangkat bertujuan agar pelajar mempunyai rasa tanggung jawab bela negara. Tak hanya menjaga kekuatan namun juga menggalang kerukunan bersama. Karena dalam cerita tersebut, Gatotkaca bersatu padu dalam menjaga Amarta dari beragam ancaman dan serangan Astina.

Baca Juga: Kisah Difabel Tanpa Kedua Lengan Buat Mainan Wayang dari Kardus

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya