Comscore Tracker

3 Video yang Sukses Bawa Jawa Tengah Juara Lomba New Normal Kemendagri

Jateng mendapat hadiah total mencapai Rp7 miliar

Semarang, IDN Times - Provinsi Jawa Tengah berhasil menyabet 3 juara dalam Lomba Inovasi Daerah Dalam Tatanan Normal Baru yang digelar Kementerian Dalam Negeri, Senin (22/6). Penganugerahan digelar di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Jawa Tengah mengantongi sukses juara 1 di dua sektor sekaligus. Yakni Tempat Wisata dan Transportasi Umum. Sementara untuk sektor Pelayanan Terpadu Satu Pintu, (PTSP) mendapat juara 3. Dari torehan tersebut, Pemprov Jateng berhak menerima Dana Insentif Daerah (DID) dari Kementerian Keuangan sebesar Rp7 miliar.

Lomba tersebut sejak 29 Mei 2020 dan proses pengumpulan video pada 1-8 Juni 2020. Dalam lomba, setiap pemerintah daerah diminta untuk mengirimkan video berdurasi maksimal 2 menit terkait inovasi di daerahnya dalam prakondisi tatanan normal baru atau new normal. Proses penilaian dilakukan pada 9 - 12 Juni 2020.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian berharap lomba tersebut bisa menjadi model percontohan bagi pemerintah daerah lainnya serta bermanfaat bagi masyarakat dalam mengupayakan tatanan produktif yang aman di tengah pandemik virus corona (COVID-19). Pensaran seperti apa video-video yang berhasil meraih juara tersebut, berikut daftarnya.

1. Jawa Tengah dianggap berhasil menata penumpang kereta dan pesawat

Di sektor Transportasi Umum, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dinilai para dewan juri dari Kemendagri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata, dan Gugus Tugas COVID-19, berhasil menata alur penumpang kereta dan pesawat di Stasiun Tawang dan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Jawa Tengah dianggap cukup serius dalam memastikan protokol kesehatan dilakukan dengan ketat oleh pengelola transportasi umum dan para penumpangnya.

Jawa Tengah juga meraih predikat Juara 1 di sektor Transportasi Umum, mengungguli Bali dan Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Insentif Tenaga Medis COVID-19 Baru Cair di 7 Rumah Sakit Jawa Tengah

2. Juri menilai ada inovasi wisata dalam menekan penularan COVID-19

Di sektor Tempat Wisata, Jateng berhasil mengungguli Jatim dan Sulawesi Selatan. 

Jawa Tengah dinilai berhasil melakukan inovasi dalam menekan penularan virus corona sembari memastikan tetap bergulirnya kegiatan ekonomi di sektor pariwisata, sebagai upaya adaptasi tatanan normal baru atau new normal yang aman dari virus corona (COVID-19).

3. PTSP Jawa Tengah kalah dari Sulteng dan Kaltara

Selain kedua penghargaan tersebut, Jawa Tengah juga menyabet posisi juara 3 untuk sektor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), di bawah Sulawesi Tengah dan Kalimantan Utara. Layanan online untuk masyarakat diyakini juri mampu memotong rantai penyebaran COVID-19.

Penghargaan diterima oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dari Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sektor Tempat Wisata) dan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sektor Transportasi Umum).

Baca Juga: Laju Penyebaran Virus Corona Jawa Tengah Tercepat di Indonesia

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya