5 Hari Setop Operasi, PDAM Blora Mulai Produksi Air Bengawan Solo

Kepekatan air sungai Bengawan Solo sudah menurun

Blora, IDN Times - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Amerta di Kabupaten Blora, Jawa Tengah menghentikan operasional layanan air bersih kepada 12 ribu pelanggan selama lima hari. Hal itu dikarenakan tingginya polutan yang mencemari sungai Bengawan Solo.

Baca Juga: Soal Pencemaran Bengawan Solo, Wabup Blora Tunggu Tindakan Dari Ganjar

1. Berhenti beroperasi sejak Selasa pekan lalu

5 Hari Setop Operasi, PDAM Blora Mulai Produksi Air Bengawan SoloIlustrasi. Twitter.com/@AriefRohman_838

Tingginya kepekatan warna air sungai Bengawan Solo menyulitkan PDAM Tirta Amerta mengolahnya menjadi air bersih dan layak konsumsi bagi para pelanggan. Air sungai Bengawan Solo sendiri tercemar polutan pekat pada Minggu (24/11) dengan tingkat kepekatan warna mencapai 1.300 tcu.

Kondisi itu memaksa PDAM menghentikan operasional sejak Selasa (26/11). Imbasnya belasan ribu pelanggan di lima kecamatan tak mendapatkan akses air bersih.

2. Kepekatan warna air sudah turun

5 Hari Setop Operasi, PDAM Blora Mulai Produksi Air Bengawan SoloTwitter.com/PDAMBlora

Selang waktu lima hari, atau Sabtu (30/11), PDAM mulai beroperasi lagi. Dua cabang PDAM di Kecamatan Cepu dan Kecamatan Sambong sudah memproduksi air. Hal itu dikarenakan kepekatan warna air baku sudah mulai turun dari 1.300 tcu.

“Untuk warna air baku sudah turun menjadi 500 tcu. Sudah produksi untuk Cabang Cepu dan Sambong,” kata Direktur PDAM Tirta Amerta, Yan Riya Pramono kepada IDN Times, Senin (2/12).

3. Tiga cabang lain segera beroperasi

5 Hari Setop Operasi, PDAM Blora Mulai Produksi Air Bengawan SoloTwitter.com/@AriefRohman_838

Ditanya untuk tiga kecamatan lain, Yan memperkirakan besok atau Selasa (3/12) sudah bisa memproduksi air bersih untuk pelanggan. Tiga cabang itu diantaranya untuk Kecamatan Jiken, Kecamatan Jepo, dan Kecamatan Blora.

“Untuk tiga unit lain mungkin besok pagi,” imbuh Yan.

4. Berharap tidak ada lagi pencemaran di Bengawan Solo

5 Hari Setop Operasi, PDAM Blora Mulai Produksi Air Bengawan SoloTwitter.com/@AriefRohman_838

Lebih lanjut, Yan berharap tidak ada lagi soal pencemaran air Sungai Bengawan Solo ini, meskipun saat ini pasokan air sudah mulai membaik.

Ditanya terkait tindakan bagi para pelaku pencemar, Yan menyerahkan kepada pihak yang berwajib.

“Harapan kita semua pihak terkait bisa bersinergi untuk mewujudkan lingkungan yang bersih. Kalau untuk penindakan saya kira sudah ada porsinya masing-masing,” tutup Yan.

Baca Juga: Soal Pencemaran Bengawan Solo, Wabup Blora Tunggu Tindakan Dari Ganjar

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya