5 Jenis Madu yang Banyak Dicari saat Pandemik COVID-19, Khasiatnya Jos

Banyak manfaatnya saat kamu mengonsumsi madu

Pandemik COVID-19 membuat masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan dan giat mengonsumsi beragam vitamin atau suplemen untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Produk seperti madu menjadi salah satu yang paling diburu karena berbagai manfaat yang dimilikinya. Selain menambah imunitas bisa meminimalisir serta menyembuhkan berbagai penyakit.

Inilah 5 jenis madu yang paling banyak dicari selama pandemik COVID-19. Madu-madu ini produk UMKM Kembang Joyo.

1. Madu Kaliandra

5 Jenis Madu yang Banyak Dicari saat Pandemik COVID-19, Khasiatnya JosMadu Kaliandra (Instagram.com/madukembangjoyostore)

Madu kaliandra diproduksi dari lebah madu dengan cara mengumpulkan cairan manis (nektar) yang berasal dari bunga kaliandra merah atau Calliandra calothyrsus. Tanaman kaliandra tumbuh subur di daerah pegunungan yang terpencil, jauh dari area pertanian sehingga menghasilkan madu organik yang bebas dari pestisida.

Madu kaliandra terkenal karena mempunyai antioksidan yang tinggi. Kadar senyawa fenolik dalam madu kaliandra mencapai 557,93±13,41 mg GAE/100 g dan total flavonoid sebesar 156,27±5,69 mg QE/100 g. Kandungan kedua senyawa itu lebih tinggi dibandingkan dengan madu randu dan madu karet. Seperti diketahui senyawa fenolik dan flavonoid berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. 

2. Madu Multiflora

5 Jenis Madu yang Banyak Dicari saat Pandemik COVID-19, Khasiatnya JosMadu Multiflora (Instagram.com/madukembangjoyostore)

Lebah menghasilkan madu multiflora dengan cara mengumpulkan nektar dari berbagai macam tanaman. Untuk diketahui, madu berasal dari cairan manis yang dikeluarkan tanaman dan cairan tersebut bernama nektar.

Nektar tanaman itu juga mengandung molekul bioaktif utama yaitu flavonoid dan polifenol. Molekul bioaktif tersebut menjadi faktor penanggung jawab utama madu sebagai antioksidan. Masing-masing tanaman menghasilkan nektar yang mengandung molekul bioaktif yang mempunyai keunikan tersendiri.

Madu multiflora berasal dari nektar banyak jenis tanaman sehingga tidak diragukan lagi kandungan Flavonoid dan Polifenolnya sehingga memberikan manfaat antioksidan bagi tubuh dengan lebih baik.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Sukses Berbisnis ala Nyonya Swan, Bikin Dapur Solo Berjaya

3. Madu Sarang

5 Jenis Madu yang Banyak Dicari saat Pandemik COVID-19, Khasiatnya JosMadu Sarang (Instagram.com/madukembangjoyostore)

Comb honey atau madu sarang adalah madu yang disajikan bersama-sama sarang lebahnya. Penyajian madu dalam sarang untuk memanjakan konsumen yang menyukai nilai estetik produk perlebahan dan menikmati sensasi mengambil madu langsung dari sarangnya.

Sarang madu dibuat sendiri oleh lebah madu dari kelenjar malam di bawah perutnya dan dilapisi dengan propolis yang melindungi madu agar tetap terjaga kualitasnya. Manfaat mengunyah sarang berlapis propolis yang berisi madu bisa menambah imunitas tubuh, memberi energi ekstra, meringankan hidung tersumbat, pilek dan flu, sinusitis dan radang selaput hidung.

4. Madu Super

5 Jenis Madu yang Banyak Dicari saat Pandemik COVID-19, Khasiatnya JosMadu Super (Instagram.com/madukembangjoyostore)

Madu super mengandung semua zat esensial yang diperlukan tubuh mulai dari karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin bahkan enzim dan hormon terdapat dalam madu super. 

Madu super diproduksi dengan meramu madu murni dengan Bee Pollen dan Royal Jelly. Bee Pollen menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan kaya asam amino essensial. Bee Pollen terbukti bermanfaat sebagai antijamur, antimikroba, antivirus, antiinflamasi, mendorong kekebalan tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka.

Sedangkan Royal Jelly baik mempertahankan kondisi kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut tidak lepas dari sinergi berbagai zat yang saling berkaitan satu sama lain dan saling menguatkan efeknya. Beberapa manfaat dari Royal Jelly antara lain melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memulihkan dari kelelahan, menghambat proses penuaan, hingga meningkatkan kesehatan arteri.

5. Madu Standar Internasional

5 Jenis Madu yang Banyak Dicari saat Pandemik COVID-19, Khasiatnya JosMadu Standar Internasional (Instagram.com/madukembangjoyostore)

Madu Standar Internasional merupakan hasil panen dari sarang madu yang sudah matang, sehingga menghasilkan madu yang memenuhi persyaratan kualitas bagi perdagangan Internasional. Madu yang berkualitas harus memenuhi persyaratan mutu dan memberi manfaat bagi kesehatan, sebagai contoh kemampuannya menghasilkan enzim pencernaan.

Hal penting yang terkandung pada madu Standar Internasional adalah tingginya Enzim Diastase. Enzim tersebut hanya terdapat pada madu yang baru dipanen atau madu murni tanpa pengolahan, sehingga dijadikan sebagai indikator untuk melihat kemurnian madu. Dengan tingginya kandungan enzim diastase dan beberapa enzim lain seperti invertase dan glukosa oksidase, madu Standard Internasional memberikan manfaat lebih banyak bagi kesehatan tubuh manusia.

Itu tadi 5 jenis madu yang paling banyak dicari selama pandemik COVID-19. Produk-produk madu tersebut bisa didapatkan di sejumlah supermarket, outlet, hingga online di berbagai e-commerce dan layanan pesan antarmakanan.

Kembang Joyo memberikan garansi Rp1 Juta apabila produk madu mereka terbukti palsu berdasarkan hasil laboratorium. Gimana, kira-kira kamu suka madu yang mana?

Baca Juga: Kenali Madu Manuka dan 3 Manfaatnya untuk Tubuh, Kulit Tambah Sehat

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya