Inisiasi Kerja Sama Jateng dengan Newland, Sang Raksasa STB TV Digital

Set tob box Newland sudah merajai di pasar Global

Fuzhou, IDN Times - Jurnalis IDN Times, Dhana Kencana berkesempatan mengunjungi kota Fuzhou, Provinsi Fujian, Tiongkok pada 11--15 Desember 2023. Di ibu kota provinsi tersebut, Dhana bersama 11 jurnalis lainnya mengunjungi salah satu perusahaan teknologi besar Tiongkok, Fujian Newland Communication Science Technology Co., Ltd.

1. Kuasai pasar teknologi dan komunikasi Global

Inisiasi Kerja Sama Jateng dengan Newland, Sang Raksasa STB TV DigitalSejumlah produk teknologi dan komunikasi Newland C. S&T, Huang (kiri) di Fuzhou, Tiongkok, Selasa (12/12/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Fujian Newland Communication Science Technology Co, Ltd (Newland C. S&T) merupakan bagian dari holding atau grup perusahaan Newland S&T.  

Newland C. S&T yang berdiri sejak tahun 2001 itu berfokus pada lini bisnis penelitian dan pengembangan (R&D), perancangan, pembuatan dan penjualan Set Top Box (STB), Solusi Jaringan Transmisi Digital TV (DTV), serta Solusi Peningkatan Jaringan Seluler.

Puncak kesuksesan Newland C. S&T terjadi saat produk Set Top Box (STB) mereka menguasai pasar Global. Mulai dari kawasan Asia Pasifik, Eropa, Amerika Utara, Amerika Latin, Timur Tengah, sampai Afrika.

Newland C. S&T ikut memasok peralatan komunikasi nirkabel, dengan keahlian dalam solusi peningkatan jaringan. Contohnya repeater GSM, CDMA, dan WCDMA yang disesuaikan, amplifier, dan antena.

Baca Juga: 4 Keunggulan Negara Asia Tenggara, Ekonomi Digital Bakal Melesat 2025

2. Menguatkan teknologi digital di Tiongkok

Inisiasi Kerja Sama Jateng dengan Newland, Sang Raksasa STB TV DigitalPerwakilan Newland C. S&T, Huang (kiri) menjelaskan sejumlah produk teknologi dan komunikasi kepada rombongan jurnalis di Fuzhou, Tiongkok, Selasa (12/12/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Perwakilan Newland C. S&T, Huang mengatakan, perusahaannya banyak membangun ekosistem digital, khususnya di sektor telekomunikasi untuk membantu pemerintah di Tiongkok, baik tingkat kota, provinsi, hingga pusat. Hal itu membuat teknologi digital menjadi kekuatan utama di negara yang dipimpin Presiden Xi Jinping dalam pembangunan yang disertai dengan inovasi-inovasi baru.

"Newland fokus membantu pemerintah Tiongkok dalam mengembangkan ekosistem digital bagi UMKM serta berkontribusi dalam (kemajuan di) bidang pendidikan, dengan memelopori pembuatan ekosistem digital di 1.000 perguruan tinggi dan sekolah di Tiongkok" katanya kepada IDN Times.

3. Unggul karena memiliki hak paten

Inisiasi Kerja Sama Jateng dengan Newland, Sang Raksasa STB TV DigitalKlien atau perusahaan yang menggunakan produk teknologi dan komunikasi milik Newland C. S&T, Huang (kiri) di Fuzhou, Tiongkok, Selasa (12/12/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Ekspor produk Newland C. S&T telah merambah 10 negara. Perusahaan tersebut juga memiliki 2 pabrik besar di Tiongkok dan Brazil. Total terdapat 8 ribu orang yang bekerja sebagai karyawan Newland C. S&T yang tersebar di seluruh Dunia.

Huang menambahkan, perusahaannya tumbuh pesat sejak awal berdiri lantaran memiliki banyak hak paten di bidang teknologi dan komunikasi. Kondisi itu membuat Newland C. S&T makin moncer karena hampir tidak memiliki kompetitor.

"Kami memiliki hak patennya semua di sini. Meski demikian, Newland terus berinovasi (agar terus bisa berkembang)," ujarnya.

4. Penjajakan untuk penerapan teknologi

Inisiasi Kerja Sama Jateng dengan Newland, Sang Raksasa STB TV DigitalPengenalan produk teknologi dan komunikasi kepada rombongan jurnalis saat mengunjungi Newland C. S&T, Huang (kiri) di Fuzhou, Tiongkok, Selasa (12/12/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Kiprah dan prestasi Newland C. S&T berhasil menyita perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng, Riena Retnaningrum di sela-sela kunjungan mengatakan, pihaknya tertarik untuk menjajaki kerja sama dengan Newland C. S&T yang mana teknologi mereka bisa diterapkan di sektor pariwisata dan transportasi di Jawa Tengah. Seperti digitalisasi di tempat wisata dan ekosistem digital pendidikan di tingkat sekolah.

“Samua sedang berproses dan untuk kerja sama, nanti kami bahas lagi. Jika ada peluang untuk tambahan dan transfer knowledge bagi pelajar Jateng, di Jawa Tengah, juga masih memungkinkan dan menarik,” katanya.

Untuk diketahui, provinsi Fujian dan Jawa Tengah telah saling bekerja sama selama 20 tahun terakhir di berbagai bidang. Mulai dari teknologi, energi, hingga pendidikan.

Lebih dari itu, keduanya telah menjadi sister province (provinsi kembar).

Baca Juga: Ada 22 Ribu STB Gratis Dibagikan Untuk Warga Miskin di Solo 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya