Kasus COVID-19 Menanjak, Ujicoba Sekolah Tatap Muka di Sragen Disetop

Sudah ada 140an sekolah di Sragen yang ujicoba PTM

Sragen, IDN Times - Kegiatan ujicoba pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Sragen dihentikan mulai Senin (19/4/2021). Keputusan tersebut diambil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen lantaran angka kasus positif di beberapa wilayah di Sragen meningkat drastis.

1. Ujicoba PTM dihentikan untuk dua jenjang

Kasus COVID-19 Menanjak, Ujicoba Sekolah Tatap Muka di Sragen DisetopIlustrasi sekolah tatap muka (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Penghentian kegiatan ujicoba PTM tertuang dalam surat edaran bernomor 420/1460/013/2021 yang ditandatangani Kadisdikbud Sragen, Suwardi per Sabtu (17/4/2021).

Ujicoba PTM yang dihentikan hanya berlaku bagi jenjang taman kanak-kanak (TK) atau RA. Sedangkan untuk jenjang SD dan SMP masih dibolehkan menggelar PTM lantaran akan menyelenggarakan ujian sekolah mulai Senin (19/4/2021). Pelaksanaan ujian sekolah tersebut dilakukan secara metode online dan tatap muka.

Adapun tatap muka hanya diizinkan bagi SD dan SMP yang berada di zona aman COVID-19, mengacu evaluasi dan analisis kepala sekolah.

Baca Juga: Model Lengan Baju Ganjar Dipermak Tiru Bupati Sragen saat Vaksinasi

2. Pemkab Sragen waspada kasus COVID-19 mulai meningkat

Kasus COVID-19 Menanjak, Ujicoba Sekolah Tatap Muka di Sragen DisetopSejumlah siswa mengikuti kegiatan sekolah tatap muka. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen, Tatag Prabawanto membenarkan kebijakan penghentian sementara ujicoba PTM di jenjang TK dan RA tersebut. Ia menyebut, situasi peningkatan kasus COVID-19 menjadi kewaspadaan tersendiri sehingga Pemkab Sragen mengambil keputusan tersebut.

“Namun penghentian hanya untuk jenjang TK dan RA. Untuk SD dan SMP karena akan ujian sekolah mulai Senin, tetap dibolehkan secara tatap muka atau luring. Namun hanya sekolah yang ada di zona aman saja, sedangkan yang tidak di zona aman atau zona hijau, boleh dilakukan secara daring atau online,” paparnya melansir joglosemarnews.com, Senin (19/4/2021).

3. Sudah 140an sekolah ujicoba PTM di Sragen

Kasus COVID-19 Menanjak, Ujicoba Sekolah Tatap Muka di Sragen DisetopIlustrasi sekolah tatap muka. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Untuk diketahui, Disdikbud Sragen memulai ujicoba PTM di 71 sekolah meliputi TK, SD, dan SMP selama sepekan, Yakni mulai 29 Maret 2021 hingga 5 April 2021. Ujicoba tahap pertama tersebut berjalan lancar meskipun terdapat insiden sejumlah sekolah yang masih harus dibenahi dalam penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Ujicoba PTM kembali dilanjutkan dengan penambahan jumlah dua kali lipat atau sekitar 142 sekolah. Namun, peningkatan kasus COVID-19 menjadi kewaspadaan tersendiri bagi Pemkab Sragen. Termasuk kasus meninggalnya 3 guru SMA Negeri 1 Gondang Sragen.

Baca Juga: Bupati Sragen Tutup Akses Masuk hingga Jalan Tikus Bagi Pemudik 

https://www.youtube.com/embed/8RfBlojiCJY

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya