Comscore Tracker

Menteri Jonan Cek Layanan SPBU di Pantura Malam-malam, Ada Apa? 

Pengecekan siang hari sudah biasa

Batang, IDN Times - Malam-malam, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melakukan pengecekan pasokan dan layanan BBM di tol Trans Jawa mulai dari kawasan Pantura, yaitu tol Semarang hingga Cirebon. Pengecekan dilakukan mulai Rabu (12/6) malam hingga Kamis (13/6) dini hari.

Baca Juga: 10 SPBU Diresmikan di Tol Baru Trans Jawa, Ini Lokasinya 

1. Ingin mengetahui layanan SPBU pada malam hari

Menteri Jonan Cek Layanan SPBU di Pantura Malam-malam, Ada Apa? Twitter.com/@kementerianESDM

Menteri Jonan mengawali pengecekan di rest area KM 389 jalan tol Batang-Semarang. Selanjutnya mengecek tiga SPBU lainnya. Di antaranya SPBU di KM 360 Batang-Semarang, KM 260 Brebes, dan KM 229 Pejagan Cirebon. Pengecekan sengaja dilakukan saat malam hari, untuk melihat kesiapan pelayanan SPBU Pertamina.

"Kalau (SPBU) siang sudah pasti aktif, coba lihat malamnya, bagus nggak," kata Jonan.

Sepanjang pengecekan, operasional pelayanan keempat SPBU tersebut berjalan lancar. Pada pengecekan ini, Menteri Jonan ditemani Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero) Mas'ud Khamid dan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana.

2. Kesiapan layanan SPBU harus diantisipasi setiap saat

Menteri Jonan Cek Layanan SPBU di Pantura Malam-malam, Ada Apa? Twitter.com/@kementerianESDM

Meski sudah bukan masa puncak arus balik, Jonan tetap mengantisipasi adanya sebagian pemudik yang belum kembali ke Jakarta atau kota lainnya. Oleh karenanya, kesiapan layanan SPBU juga harus diantisipasi setiap saat.

"Kami juga mengantisipasi kemungkinan besar sisa-sisa pemudik, baik itu 5 persen, 10 persen atau 15 persen dari pemudik yang belum balik. Banyak kegiatan swasta yang mulai kegiatan pada senin minggu depan," imbuhnya.

Disela-sela pengecekan, Jonan menyempatkan diri untuk berbincang dengan sejumlah pemudik yang akan kembali ke tujuan serta petugas operator SPBU.

3. Kinerja Pertamina saat masa mudik Lebaran lebih baik dibanding tahun lalu

Menteri Jonan Cek Layanan SPBU di Pantura Malam-malam, Ada Apa? Twitter.com/@kementerianESDM

Kinerja PT Pertamina (Persero) dalam masa mudik Lebaran 2019 ini, menurut Jonan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Karena sudah banyak SPBU baru yang melayani pemudik.

"SPBU-SPBU di dalam jalan tol sudah banyak yang siap. Walaupun gak semua, tapi mayoritas siap dan sudah beroperasi. Kalau tahun lalu kan masih banyak yang pakai dispenser portable," tutur Jonan.

Berdasarkan pantauannya, realisasi gasoline selama Satuan Tugas (Satgas) Idulfitri 2019 mengalami kenaikan lebih dari 10 persen. Yaitu sebesar 103.585 Kilo Liter (KL) per hari dari hari normal sebesar 93.884 KL per hari. Sementara untuk gasoil, terdapat penurunan sekitar 22 persen, yaitu 32,793 KL dari realisasi hari normal sebesar 42.291 KL per hari.

Baca Juga: Kapolda Jateng: Masih Ada 100 ribu Pemudik Belum Balik ke Jakarta

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Nugroho Adi Purwoko

Just For You