Comscore Tracker

Profil Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang, 3 Bulan Jadi Anggota DPRD

Hendi sudah menjabat wali kota sejak 2013

Hendrar Prihadi lahir di Semarang pada 30 Maret 1971. Ia terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota DPRD, kemudian karirnya naik menjabat Wali Kota Semarang.

Pada mulanya, Hendrar Prihadi adalah seorang wakil wali kota yang mendampingi Soemarmo HS. Namun, di pertengahan jalan kepemimpinan mereka, Soemarmo HS terganjal kasus korupsi dan harus dinonaktifkan.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi diangkat menjadi wali kota definitif per 3 Juni 2013. Lebih jelasnya mengenai profil Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang, simak di bawah ini.

1. Awal mula Hendrar Prihadi di dunia politik

Profil Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang, 3 Bulan Jadi Anggota DPRDWali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Dok. Pemkot Semarang)

Karir politik Hendi sudah dimulai sejak tahun 2005 sebagai anggota partai politik. Karir politiknya berkembang hingga pada periode 2009--2014 ia berhasil menjadi anggota DPRD Jawa Tengah. Keanggotaannya sebagai anggota legislatif tingkat provinsi tersebut hanya berlangsung selama tiga bulan saja.

Hendi kemudian menjadi Wakil Wali Kota Semarang berpasangan dengan Soemarmo HS pada tahun 2010. Skandal kasus korupsi yang dilakukan Soemarmo HS terjadi pada 2013 dan Hendi diangkat sebagai Wali Kota Semarang definitif.

2. Program Hendi sebagai Wali Kota Semarang 2013--2016

Profil Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang, 3 Bulan Jadi Anggota DPRDPasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan Hevearita G Rahayu mengikuti debat publik penajaman visi misi yang disiarkan secara daring. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

Hendrar Prihadi dilantik secara resmi oleh Gubernur Jawa tengah pada 21 Oktober 2013. Pelantikannya dihadiri tokoh-tokoh seperti Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, dan Sukawi Sutarip.

Setelah resmi menjadi wali kota, Hendi memulai langkah kerjanya dengan membuat program-program kerja sebagai berikut:

  • Penurunan tarif BRT bagi pelajar menjadi seribu rupiah dan perbaikan jalan-jalan di wilayah pinggiran paling diutamakan ring road. Program pengembangan Kota Smart City atau Semarang Smart City di akhir tahun 2014
  • Program kotaku singkatan dari Kota Tanpa Kumuh pada Desember 2014  yang berlandaskan 3 masalah lingkungan. Yaitu infrastruktur yang tidak layak, drainase yang buruk, dan kurangnya sanitasi
  • Menyuntikkan dana untuk PSIS Semarang

Kepemimpinan Hendrar Prihadi di masa periode sebelumnya membuat ia kembali terpilih menjadi walikota Semarang pada periode selanjutnya yaitu 2016-2021 berpasangan Hevearita Gunaryanti Rahayu.

3. Gaya kepemimpinan Hendrar Prihadi

Profil Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang, 3 Bulan Jadi Anggota DPRDWali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (tengah). IDN Times/Dhana Kencana

Hendi memiliki akun sosial media yang menjadi sarana komunikasi dengan masyarakat Kota Semarang. 

Melalui platform tersebut, masyarakat Kota Semarang dapat melihat beberapa program yang diluncurkan Hendi dan beberapa program yang telah ia buat.

4. Prestasi dan Penghargaan Hendrar Prihadi

Profil Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang, 3 Bulan Jadi Anggota DPRDWali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (Dok. Humas Pemkot Semarang)

Selama menjabat sebagai Wali Kota Semarang, Hendi berusaha mengubah wajah dan citra Ibu Kota  Semarang. Ia menerapkan dua lingkupan reformasi birokrasi, yaitu reformasi birokrasi Kelembagaan dan Pelembagaan.

Reformasi itu bertujuan untuk memisahkan sekat antara pemerintah dan masyarakat kota Semarang. 

Berikut adalah prestasi-prestasi yang ia raih selama menjadi Wali Kota Semarang.

  • Anugerah Konservasi Upakarti Prabaswara Mandala UNNES, dalam kategori Kota Metropolitan
  • Menjadi kota Adipura enam tahun berturut-turut, 2012--2017
  • Best Urban Design 2017, penghargaan Internasional di Singapura

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya