Semburan Lumpur Setinggi 20 Meter Keluar dari Tanah Ponpes di Grobogan

Air lumpur keluar bersama material batu

Grobogan, IDN Times - Sebuah semburan air bercampur lumpur disertai material batu muncul di Grobogan, Jawa Tengah. Semburan itu muncul sejak Jumat (28/2).

Baca Juga: Profil Kabupaten Grobogan, Wilayah Eks-Pati Peserta Pilkada Tahun 2020

1. Awalnya semburan setinggi 5 meter

Semburan Lumpur Setinggi 20 Meter Keluar dari Tanah Ponpes di GroboganIlustrasi santri di pondok pesantren IDN Times/Zainul Arifin

Semburan tersebut muncul pertama kali setinggi 3-5 meter. Namun pada Sabtu (29/2) ketinggian semburan sudah mencapai 15-20 meter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan melaporkan bahwa semburan itu terjadi di tanah milik Pondok Pesantren Yatama Centre, di RT 03 RW 05 Dusun Karangasem, Desa Karanganyar, Kecamatan Purwodadi.

2. Lokasi semburan diamankan BPBD

Semburan terjadi akibat pengeboran sumur yang dilakukan pada Rabu (26/2). Tak hanya air, semburan juga mengeluarkan lumpur serta material batu.

BPBD setempat telah melakukan sejumlah langkah, termasuk mengamankan dan assesmen lokasi. Termasuk berkoordinasi dengan pihak terkait.

3. Tidak ada korban akibat semburan

Semburan Lumpur Setinggi 20 Meter Keluar dari Tanah Ponpes di GroboganTwitter.com/SumarniGrobogan

Melansir keterangan resmi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), saat ini pihak kepolisian telah memberikan garis polisi di tempat terjadinya semburan.

Sampai saat ini, dilaporkan belum ada korban akibat semburan tersebut.

4. Bupati Grobogan sudah meninjau lokasi semburan

Semburan Lumpur Setinggi 20 Meter Keluar dari Tanah Ponpes di GroboganTwitter.com/SumarniGrobogan

Bupati Grobogan, Sri Sumarni juga telah meninjau lokasi semburan air bercampur lumpur tersebut. Ia meminta kepada BPBD setempat untuk melakukan observasi lapangan.

"Tolong segera lakukan observasi lapangan, semoga tetap aman dan cepat tertangani," tulis Sri dalam akun media sosial Twitter miliknya, Sabtu (29/2).

Berikut video semburan air lumpur tersebut.

Baca Juga: Viral! Kisah Mbah Sono, Dramatis Evakuasi Warga Grobogan saat Banjir

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya