Sweeping Barang di Solo, Calon Jemaah Haji Bawa Banyak Saus dan Madu

Ada juga yang bawa kecap

Boyolali, IDN Times - Satuan Tugas (Satgas) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Jawa Tengah, melakukan sweeping barang bawaan calon jemaah haji, yang dilarang dalam penerbangan ke Tanah Suci.

1. Sweeping 4 jam sebelum terbang

Sweeping Barang di Solo, Calon Jemaah Haji Bawa Banyak Saus dan MaduKedatangan Jemaah Haji 2023 Kloter Kedua, Embarkasi Solo pada Rabu (24/5/2023). (IDN Times/Sunariyah)

Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rama Indriyadi mengatakan, sweeping satgas PPIH Embarkasi Solo dilakukan empat jam sebelum penerbangan ke Tanah Suci. Petugas akan memberitahukan jenis barang-barang yang diperbolehkan dibawa oleh para calon jemaah haji.

"(Sweeping) barang bawaan yang dilarang dalam penerbangan dilakukan saat di kamar istirahat," katanya di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin (29/5/2023).

Setelah sweeping, calon jemaah haji langsung masuk Gedung Muzdalifah Embarkasi Solo terminal bandara.

Baca Juga: 1.088 Calon Jemaah Haji Semarang Siap Terbang ke Makkah

2. Senjata tajam dan api gak boleh dibawa

Sweeping Barang di Solo, Calon Jemaah Haji Bawa Banyak Saus dan MaduPertamina Patra Niaga Sumbagsel Siapkan 1080 KL Avtur Penerbangan Haji (IDN Times/Dokumen)

Petugas akan mengecek barang-barang antara lain cairan yang bervolume lebih dari 100 miligram, senjata tajam, senjata api, dan cairan-cairan kimia yang membahayakan selama penerbangan. 

Jika kedapatan, barang-barang temuan itu diturunkan, dilabeli, dan disimpan oleh petugas daerah yang mendampinginya. Barang akan dikembalikan saat jemaah tiba di Tanah Air.

Gentur mengaku, imbauan soal barang bawaan sudah diinformasikan oleh petugas daerah di kabupaten/kota dari para calon jemaah haji. Ia berharap, ketika masuk Embarkasi Solo sudah bisa diminimalkan penemuan barang bawaan yang dilarang dalam penerbangan.

"Calon jemaah haji diperiksa barang bawaannya melalui alat X-ray sebelum mereka terbang. Jika masih ditemukan lagi barang-barang yang dilarang dalam penerbangan akan diambil oleh petugas," ujarnya dilansir Antara.

3. Sudah 16 kloter berangkat ke Tanah Suci

Sweeping Barang di Solo, Calon Jemaah Haji Bawa Banyak Saus dan MaduKedatangan Jemaah Haji 2023 Kloter Kedua, Embarkasi Solo pada Rabu (24/5/2023). (IDN Times/Sunariyah)

Sementara itu, lanjut Gentur, dalam sweeping barang bawaan calon jemaah haji sejak kloter pertama hingga 15, petugas menemukan kebanyakan barang terlarang adalah cairan yang melebihi 100 miligram. Seperti saus, kecap, dan madu.

Untuk diketahui, Embarkasi Solo hingga Senin (29/5/2023) telah menerima kedatangan sebanyak 18 kloter atau 6.430 calon jemaah haji asal Jateng. Dari jumlah itu, sebanyak 16 kloter dengan 5.731 calon jemaah haji sudah diberangkatkan ke Tanah Suci.

Baca Juga: 38 Tahun Menabung Uang Parkir di Solo, Suharto Bungah Berangkat Haji

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya