Terbaru! Pelamar CPNS 2019 di Jateng Dilarang Pakai Cadar saat Tes

Kalau celana cingkrang malah diperbolehkan

Semarang, IDN Times - Peserta wanita seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dilarang mengenakan cadar atau niqab saat mengikuti tes. Sebaliknya, peserta pria diperbolehkan mengenakan celana cingkrang.

Baca Juga: Rincian Penerimaan CPNS 2019 Pemprov Jateng, 551 Formasi Tenaga Guru

1. Lokasi tes CPNS di Asrama Donohudan Boyolali

Terbaru! Pelamar CPNS 2019 di Jateng Dilarang Pakai Cadar saat TesIDN Times/Nofika Dian

Tahapan seleksi CPNS 2019 akan segera dimulai pada 11 November 2019. Pemprov Jateng melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyatakan untuk lokasi tes CPNS akan digelar di Asrama Haji Donohudan di Boyolali, Jawa Tengah.

"Pertimbangan di Donohudan karena lokasi dan luas parkir yang representatif. Toilet juga sudah ada dan lengkap," kata Kepala BKD Jateng, Wisnu Zaroh, Rabu (6/11).

2. Aturan celana cingkrang belum ada

Terbaru! Pelamar CPNS 2019 di Jateng Dilarang Pakai Cadar saat TesIDN Times/Dhana Kencana

Tahun ini, Pemprov Jawa Tengah menyiapkan sebanyak 1.409 formasi. Masing-masing formasinya adalah 551 untuk tenaga guru, 316 untuk tenaga kesehatan, serta 541 untuk tenaga teknis.

Wisnu menambahkan untuk pelaksanaan tes, para peserta seleksi CPNS khusus wanita, dilarang untuk mengenakan cadar. Sebaliknya untuk peserta pria diperbolehkan jika mengenakan celana cingkrang.

"Secara aturan memang cadar tidak diperbolehkan dan dilarang. Tapi kalau untuk celana cingkrang, belum ada aturannya," terang Wisnu.

3. Disiapkan juga formasi khusus

Terbaru! Pelamar CPNS 2019 di Jateng Dilarang Pakai Cadar saat TesAntara Foto/Adeng Bustomi

Pemprov Jateng juga membuka formasi khusus. Yaitu diperuntukkan bagi pelamar yang mempunyai nilai cum laude sebanyak 30 formasi dan penyandang disabilitas 28 formasi.

Untuk durasi waktu pendaftaran akan diberikan waktu selama selama 15 hari, sejak tanggal diumumkan tahapan CPNS 2019. Para pelamar, lanjut Wisnu, diimbau agar mempersiapkan dokumen-dokumen dengan benar dan hanya mengunggah dokumen yang sesuai dengan ketentuan persyaratan.

"Seluruh proses pengadaan CPNS 2019 tidak dipungut biaya," papar Wisnu.

Baca Juga: Lengkap! Daftar Formasi CPNS 2019 di 67 Kementerian dan Lembaga

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya