Comscore Tracker

Viral! Bupati Banjarnegara Posting Slip Gaji, Tak Lebih Rp6 juta

Gajinya sedikit, tunjangan operasionalnya Rp1 juta per hari

Banjarnegara, IDN Times - Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono tengah menjadi pembicaraan setelah unggahan slip gaji miliknya melalui akun resmi media sosial Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara.

Pada postingan itu, tampak gaji yang diterima Budhi tidak lebih dari Rp6 juta.

Baca Juga: Menelisik Gaji Anggota DPR, Kursi Paling Panas se-Antero Indonesia

1. Menyita perhatian warganet

Viral! Bupati Banjarnegara Posting Slip Gaji, Tak Lebih Rp6 jutainstagram.com/kabupatenbanjarnegara

Slip gaji diunggah pada (2/10) atau dua hari lalu, melalui akun Instagram resmi Pemkab Banjarnegara, @kabupatenbanjarnegara. Hingga berita ini dibuat, sudah terdapat 422 akun warganet yang menyukai unggahan tersebut.

"Gajian Bupati bulan Oktober 2019," demikian tulis pada unggahan itu, sebagaimana dikutip IDN Times, Jumat (4/10).

Selain itu, terdapat 81 warganet yang turut berkomentar soal slip gaji Bupati Banjarnegara itu. Mereka banyak yang berkomentar negatif. Namun tidak sedikit yang bernada positif.

Beberapa komentar yang dikutip IDN Times sebagai berikut.

@marquesslrslr: ga percaya klo cuma segitu

@hendri_wisata_outbound: Baru pertama kali liat ada bupati upload slip gaji

@salimsandono: Pira pira (red: berapapun) gajinya, monggo sudah ada aturanya yang penting kinerjan dan hasilnya benar-benar untuk kemajuan Banjarnegara

@jaya_teknik_group: Alhamdulillah semoga selalu diberi keberkahan dan kesehatan untuk pak bupati Budi Sarwono

@andigustusw23: Gajianya 6 juta tanggungjawabnya dunia akhirat. Semangat terus pak @budhisarwonowingchin. Gawe (red: buat) rakyat Banjarnegara sejahtera

@wiyatadanu: Dari awal juga sdh tau gajinya segitu, tapi pada berebut menjadi bupati khan?

2. Bertujuan agar dilihat Presiden Jokowi

Viral! Bupati Banjarnegara Posting Slip Gaji, Tak Lebih Rp6 jutatwitter.com/PMIBanjarnegara

Pada unggahan tersebut tampak gaji atau jumlah penerimaan bersih untuk Budhi Sarwono sebesar Rp5.961.200. Jumlah itu sudah dipotong untuk zakat melalui Badan Amil Zakat (BAZ) sebesar Rp152.900 dari total gaji bersih bulan Oktober 2019 sebesar Rp6.114.100.

Dalam pengakuannya, unggahan slip gaji yang Ia terima itu bertujuan agar dapat dilihat oleh Presiden Joko Widodo. Dari pengakuannya, gaji yang diterima tersebut sudah termasuk tunjangan untuk anak dan istri.

"Harapan saya mudah-mudahan Bapak Presiden juga melihat karena yang namanya bupati kalau protes dengan presiden kan gak berani," kata Budhi di Banjarnegara, seperti dilansir kantor berita Antara.

3. Gaji Budhi lebih sedikit dari anggota DPRD Banjarnegara

Viral! Bupati Banjarnegara Posting Slip Gaji, Tak Lebih Rp6 jutatwitter.com/BudhiSarwono

Menurut Budhi, gaji yang diterimanya masih jauh dibandingkan dengan gaji seorang anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara, yang jumlahnya saat ini bisa mencapai Rp32 juta per bulan. Jumlah itu juga belum termasuk tunjangan operasional, biaya kunjungan kerja, dan sebagainya.

Ia menjelaskan, setiap kali melakukan kunjungan kerja, seorang anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara mendapatkan Rp5 juta per hari.

"Mudah-mudahan beliau (Presiden Joko Widodo) sebagai orang tua saya dan panutan saya bisa melihat keadaan gaji bupati yang ada di seluruh Indonesia. Saya kira sama. Dari tahun 2010 sampai sekarang belum ada penyesuaian. Mudah-mudahan barangkali ada peningkatan, bisa bermanfaat untuk teman-teman kita semua di Indonesia yang sebagai kepala daerah," jelas Budhi.

4. Dari gaji itu masih mendapatkan tunjangan operasional

Viral! Bupati Banjarnegara Posting Slip Gaji, Tak Lebih Rp6 jutainstagram.com/kabupatenbanjarnegara

Kendati demikian, Budhi mengakui bahwa selain gaji, Ia juga mendapatkan tunjangan operasional sebesar Rp1 juta per hari jika melakukan kunjungan ke lapangan.

Tunjangan tersebut digunakan untuk biaya makan bersama petugas Satuan Polisi Pamong Praja, Patroli Pengawalan, dan aparat lain yang ikut serta dalam kunjungan lapangan.

"Apa mereka disuruh makan sendiri? Saya kan berpegang dengan Pancasila. Kita kan harus memanusiakan manusia," ungkapnya.

Selain tunjangan operasional, juga terdapat tunjangan kesehatan berupa penggantian biaya perawatan di rumah sakit, yang nilainya tidak dibatasi.

5. Unggahan bermula dari inisiatif anak angkatnya

Viral! Bupati Banjarnegara Posting Slip Gaji, Tak Lebih Rp6 jutaANTARA News/Sumarwoto

Ihwal unggahan slip gaji yang menjadi viral, Budhi mengatakan bahwa hal itu berawal dari keisengan anak angkatnya yang pertama. Budhi sendiri mempunyai dua anak kandung dan enam anak angkat.

Anak angkat yang bernama Nanda itu terkejut saat mengetahui bahwa gaji sang Ayah tidak lebih dari Rp6 juta.

Ia juga yang meminta agar slip gaji tersebut diunggah, agar masyarakat juga mengetahui besaran gaji sebenarnya yang diterima Bupati Banjarnegara.

6. Tidak mempermasalahkan apabila menjadi viral

Viral! Bupati Banjarnegara Posting Slip Gaji, Tak Lebih Rp6 jutatwitter.com/BudhiSarwono

Satu sisi, Budhi mengaku tidak mempermasalahkan foto slip gaji tersebut menjadi viral di media sosial.

Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjarnegara, Khadir menyatakan bahwa pengunggahan foto slip gaji tersebut juga atas izin dari Bupati Banjarnegara.

"Pak Bupati yang meminta supaya diunggah di Instagram," ucapnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Gaji, 5 Hal Ini yang Justru Harus Didapatkan Saat Bekerja

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Just For You