2 Napi Narkoba di Semarang Tepergok Simpan Pisau Dijebloskan Sel Tikus

Dua napi lain juga kedapatan punya dua HP

Semarang, IDN Times - Gegara kedapatan menyimpan senjata tajam di sel tahanan, dua narapidana yang mendekam di Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang dijatuhi hukuman berat. Kedua narapidana kasus narkoba tersebut kini dijebloskan ke sel tikus oleh pengelola lapas setempat.

1. Dua napi terendus menyimpan pisau rakitan dan dua HP

2 Napi Narkoba di Semarang Tepergok Simpan Pisau Dijebloskan Sel TikusIlustrasi mengancam dengan pisau. theconversation.com

Kepala Lapas Kedungpane Semarang, Dadi Mulyadi mengungkapkan hal tersebut saat petugasnya menggelar operasi senyap dengan menggeledah semua blok tahanan. Alhasil, ditemukan berbagai macam benda telah berhasil diamankan.

Temuan yang dimaksud berupa dua buah telepon genggam, sebuah pisau rakitan, sebuah pisau potong kuku, sebuah headset, sebuah hitter dan sebuah kabel charger telepon genggam.

"Ada dua napi yang dijatuhi sanksi tegas akibat menyimpan alat senjata tajam. Mereka merupakan warga binaan kasus narkotika. Akibat tindakan yang mereka lakukan, kita masukan ke ruangan sel isolasi," ujar Dadi saat dikonfirmasi IDN Times, Minggu (14/2/2021).

Baca Juga: Overload! 18 Gembong Narkoba di Lapas Kedungpane Dikirim ke Nusakambangan

2. Petugas gabungan selidiki hasil percakapan di HP milik napi narkoba

2 Napi Narkoba di Semarang Tepergok Simpan Pisau Dijebloskan Sel Tikuspexels.com/@lastly

Dalam operasi senyap dilakukan pada Sabtu malam (13/2/2021) mulai pukul 19.00 WIB, petugas gabungan dari Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal) juga menelusuri peredaran narkoba di dalam lapasnya. 

Meski hasil penyelidikan tidak menemukan barang bukti narkoba, pihaknya memergoki beberapa narapidana menyimpan telepon genggam. Barang-barang tersebut masih diperiksa petugas guna melacak perbincangan pemiliknya apakah menjurus pada transaksi bisnis narkoba atau tidak.

"Sebagian besar ponsel ini untuk menghubungi keluarganya tapi perlu saya sampaikan pihak lapas sudah memberikan fasilitas wartel umum untuk mereka," ujar Dadi.

3. Petugas mencegah gangguan keamanan di Lapas Kedungpane

2 Napi Narkoba di Semarang Tepergok Simpan Pisau Dijebloskan Sel TikusPara narapidana Lapas Kedungpane tampak ditutup matanya sambil diborgol saat hendak dipindah ke Nusakambangan. Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang

Operasi senyap juga dimanfaatkan untuk mencegah gangguan keamanan sekaligus menertibkan perilaku narapidana sehingga kondisi lapas bisa kondusif.

Agar tidak kecolongan lagi, petugas lapas bakal memperketat pengawasan terhadap barang yang masuk lewat para pembesuk maupun petugas. Nantinya, pihaknya akan rutin mengawasi sejumlah titik yang rawan penyelundupan senjata tajam maupun barang lainnya.

"Tentunya kita perkuat komitmen supaya area lapas bebas dari peredaran narkoba, tidak ada telepon genggam dan pungli," jelasnya.

4. Dua napi dijebloskan sel tikus selama dua minggu

2 Napi Narkoba di Semarang Tepergok Simpan Pisau Dijebloskan Sel Tikuspixabay.com/tadah

Humas Lapas Kedungpane, Fajar Sodiq kedua narapidana yang tepergok menyimpan pisau rakitan dimasukan ke sel tikus selama dua minggu hingga sebulan.

"Yang satu napi narkoba dengan masa pidana empat tahun. Satunya lagi juga kasus narkoba dengan hukuman lima tahun penjara dan masih menjalani setengah hukumannya. Mereka tidak boleh keluar kamar sel selama dua minggu. Ini buat syok terapi agak tidak melanggar tata tertib selama di dalam lapas," ungkapnya kepada IDN Times secara terpisah. 

Baca Juga: Sipir Geger! Demi Pacar di Sel Cewek 25 Tahun Masukkan Sabu ke Popcorn

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya