Comscore Tracker

4.000 Lansia Salatiga Bakal Divaksin, Ini 9 Lokasi Pelayanannya

Ada ribuan lansia yang divaksin bertahap

Salatiga, IDN Times - Tak kurang 4.000 lansia yang tinggal di Kota Salatiga akan menjalani vaksinasi COVID-19 mulai Senin (8/3/2021). Walikota Salatiga, Yuliyanto menyatakan lokasi vaksinasi akan dilakukan di sembilan titik fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di wilayahnya.

Kesembilan faskes yang dimaksud antara lain, Rumah Sakit Puri Asih, Rumah Sakit dr Asmir, dan Rumah Sakit Mutiara Bunda, Rumah Sakit Sejahtera Bakti, Puskesmas Sidorejo Kidul, RSUD Salatiga, Puskemas Cebongan, Puskesmas Sidorejo Lor, dan RSPAW. 

"Nanti semua akan divaksin juga. Tapi untuk yang jadwal pertama ada 4.000 lansia dulu," ujar Yuliyanto, Jumat (5/3/2021).

 

1. Ada 17 ribu lansia Salatiga terdata vaksinasi

4.000 Lansia Salatiga Bakal Divaksin, Ini 9 Lokasi PelayanannyaLansia dan mitra Gojek Lansia bisa mendaftar Vaksinasi COVID-19 lewat mekanisme drive thru di aplikasi Halodoc (Dok. IDN Times)

Lebih lanjut, ia menyampaikan dari total 25 ribu lansia yang terdata saat ini, terdapat 17 ribu orang yang telah masuk sistem pendaftaran vaksinasi COVID-19. 

Ia bilang vaksinasi bagi lansia bakal dikerjakan bertahap sesuai dosis yang sudah dialokasikan oleh Pemprov Jateng.

Baca Juga: Setiap Hari Puluhan Lansia Semarang Gagal Vaksinasi, Punya Komorbid

2. Wali Kota Salatiga: Kita lindungi lansia dari virus Corona jenis baru

4.000 Lansia Salatiga Bakal Divaksin, Ini 9 Lokasi PelayanannyaIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Proses vaksinasi kali ini juga dimanfaatkan untuk melindungi lansia dari penularan varian baru Corona B117. Agar penyuntikan vaksin dapat dijangkau, maka pihaknya telah mengatur lokasi faskes sebagai tempat vaksinasi lansia untuk tahap pertama. 

Per hari ini saja, pihaknya mencatat ada total kumulatif pasien COVID-19 di Salatiga sebanyak 2.534 orang. Terdiri dari 2.395 pasien sembuh, 73 orang meninggal dunia, dan 66 orang yang positif dan menjalani perawatan.

3. Lansia di Semarang dibantu tim khusus untuk daftar vaksinasi

4.000 Lansia Salatiga Bakal Divaksin, Ini 9 Lokasi PelayanannyaPexels.com/Min An

Dilain pihak, Kepala Puskesmas Karangyu Semarang, Wahyoto mengungkapkan tahapan vaksinasi lansia akan dikerjakan mulai Sabtu (6/3/2021) besok.

Pihaknya menargetkan ada 100 lansia yang akan divaksinasi setiap harinya. "Kita siapkan tim khusus untuk bantu lansia mengakses link pendaftaran milik Kemenkes. Selain itu, kita juga upayakan sosialisasi lewat program jogo tonggo, tim promosi kesehatan dan penyuluhan dari petugas puskesmas," ujarnya. 

Pihaknya memastikan penyuntikan vaksin untuk lansia tidak akan terganggu. Sebab, proses layanan vaksinasi masyarakat umum sudah diatur sedemikian rupa agar tidak berkerumun. 

"Kita sedang berupaya cegah resiko kontak fisik. Untuk hari biasa ditujukan untuk petugas pelayan publik. Terus Sabtu khusus lansia," pungkasnya. 

Baca Juga: Lansia Bisa Daftar Vaksinasi Drive Thru, Begini Caranya

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya