Comscore Tracker

Anak Usia 6-11 Tahun Bisa Divaksin COVID-19, Ganjar Turunkan Tim Sapu Jagad

Ganjar percepat vaksinasi COVID-19 bagi anak 6-11 tahun

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku bakal menerjunkan tim sapu jagad untuk mempercepat vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun. Ganjar menargetkan proses vaksinasi COVID-19 bagi anak berusia 6-11 tahun bisa mencapai 70 persen.


"Kalau perlu tim sapu jagad kita turunkan, kita kerahkan dari TNI, Polri, BIN, BUMN untuk mengeroyok bersama-sama. Saya sudah berkali-kali sampaikan, kalau mengalami kesulitan dan tidak bisa mengambil inisiatif, segera telpon saya untuk kita segera bantu," akunya, Minggu (12/12/2021).


Seperti diketahui bahwa vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah tertuang dalam Instruksi Mendagri nomor 66 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 pada Nataru. Seluruh daerah bisa melakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun dengan syarat vaksinasi masyarakat umum dosis pertama mencapai 70 persen dan vaksinasi lansia dosis pertama mencapai 60 persen.

 

1. Hampir semua daerah di Jateng siap melakukan vaksin bagi anak 6-11 tahun

Anak Usia 6-11 Tahun Bisa Divaksin COVID-19, Ganjar Turunkan Tim Sapu JagadIlustrasi Pelajar (SD) (IDN Times/Mardya Shakti)

Ganjar menuturkan saat ini upaya vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak akan dilakukan di setiap daerah yang sudah memenuhi syarat capaian vaksin dosis pertama dan lansia. 


Ganjar mengklaim kini hampir semua wilayah Jawa Tengah sudah memenuhi syarat tersebut. Lebih lanjut, ia menganggap hanya tiga daerah yang masih menjadi perhatian antara lain Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Tegal.
 
“Kita sudah semua, tinggal tiga kabupaten itu. Maka tim dari Pemprov sekarang kita turunkan ke sana untuk melakukan pendampingan. Bupati dan Sekda sudah kami dorong untuk percepatan," tuturnya.
 
Jika nanti target percepatan harian bisa dilakukan, maka pendampingan percepatan vaksinasi ketiga kabupaten itu akan dilepaskan. 

Baca Juga: Ganjar Ngaku Sulit Antisipasi Pemudik Natal Pakai Jet Pribadi

2. Ganjar: Kita akan genjot secepatnya

Anak Usia 6-11 Tahun Bisa Divaksin COVID-19, Ganjar Turunkan Tim Sapu JagadGanjar Pranowo (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Secara khusus ia juga mengapresiasi adanya vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun. Ganjar mengatakan akan segera mengeksekusi vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun.
 
"Sudah banyak yang tanya. Ketika sudah diperbolehkan, maka kita akan genjot secepatnya," bebernya.

3. Ratusan anak usia 6-11 tahun bakal jalani vaksinasi COVID-19

Anak Usia 6-11 Tahun Bisa Divaksin COVID-19, Ganjar Turunkan Tim Sapu JagadIlustrasi anak-anak (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sedangkan, Kepala Dinkes Kota Semarang dr Abdul Hakam telah berancang-ancang melakukan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Ia sudah menyusun jadwal vaksinasi anak 6-11 tahun itu. Yaitu jumlahnya sekitar 100 ribu anak. 

4. Dinkes Kota Semarang sedang rampungkan vaksin untuk anak SD

Anak Usia 6-11 Tahun Bisa Divaksin COVID-19, Ganjar Turunkan Tim Sapu JagadKepala Dinkes Kota Semarang Abdul Hakam (kanan). IDN Times/Fariz Fardianto

Diluar itu, ia sedang merampungkan vaksinasi bagi siswa SD yang telah berusia 12 tahun. Ia bilang tahapan vaksinasi COVID-19 bagi kelas lima dan kelas enam SD ditargetkan bakal kelar minggu ini. Sedangkan untuk vaksin anak usia 6-11 tahun, dirinya belum mendapatkan petunjuk teknis.

 


"Vaksinasi untuk siswa SD usia 12 tahun atau kelas lima dan enam, target vaksinasi kita selesaikan pekan ini. Sementara untuk petunjuk teknis untuk vaksinasi anak 6-11 tahun kita belum dapat," imbuhnya saat dikonfirmasi terpisah.

Baca Juga: Dampak PPKM Level 3 Batal, Okupansi Hotel di Jateng Langsung Full 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya