Bakal Dilantik Wamen, Sudaryono: Saya Ikhtiar Kenalkan Diri di Jateng

Sudaryono sore nanti dilantik jadi wamen

Semarang, IDN Times - Menjelang proses pelantikannya sebagai wakil menteri, Sudaryono mengatakan berkaitan dengan pencalonan di Pilgub Jawa Tengah sebagai bagian ikhtiarnya dalam proses berpolitik. 

Baca Juga: Diduetkan Dengan Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng, Ini Reaksi Sudaryono

1. Sudaryono ngaku cuma ikhtiar

Bakal Dilantik Wamen, Sudaryono: Saya Ikhtiar Kenalkan Diri di JatengKetua Gerindra Jateng Sudaryono berbincang dengan Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Dok Gerindra Jateng)

Dirinya juga selama ini berusaha memperkenalkan diri kepada warga Jawa Tengah. Sehingga nantinya ia akan melihat respon dari segenap lapisan masyarakat. 

"Kita mengalir saja, apapun kita ikhtiar. Saya ikhtiar menawarkan diri, memperkenalkan diri pada rakyat,  kita lihat respon masyarakat," akunya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Kamis (18/7/2024). 

2. Pimpinan akan menilai layak atau tidak

Bakal Dilantik Wamen, Sudaryono: Saya Ikhtiar Kenalkan Diri di JatengKetua Gerindra Jateng Sudaryono. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Untuk saat ini, Sudaryono menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan pimpinan-pimpinan partai di Jakarta.

"Saya kira pimpinan yang akan menilai layak atau tidak layak," ungkapnya. 

3. Keputusan di pusat

Bakal Dilantik Wamen, Sudaryono: Saya Ikhtiar Kenalkan Diri di JatengKetua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sudaryono. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sudaryono menegaskan tidak punya wewenang menentukan posisi calon gubernur untuk kontestasi Pilgub Jateng.

Walaupun dirinya menjadi Ketua DPD Gerindra Jateng, tetapi juga diberi mandat menyaring kandidat-kandidat calon kepala daerah. 

Proses penjaringan kader potensial, katanya dikerjakan dari level kabupaten atau kota.

Untuk itulah, soal kepastian pencalonannya sebagai gubernur, ia mengklaim tinggal menunggu aba-aba DPP Gerindra

"Saya di Gerindra menunggu arahan dan  keputusan dari Pusat. Karena rekomendasi itu kan memang dijaring di level kabupaten/kota, disaring di provinsi. Tapi keputusan ada di Pusat," tegas Sudaryono.

Seperti diberitakan, Sudaryono sore ini akan dilantik sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan). Selain itu Presiden Jokowi juga akan melantik pejabat baru untuk posisi Wameninves dan Wamenkeu. 

Baca Juga: PAN Lirik Sudaryono untuk Maju Pilgub Jateng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya