Biaya UKT Unnes Semarang Rp500 Ribu sampai Rp8,5 Juta, Ini Alasannya

Unnes beri keringanan biaya UKT

Intinya Sih...

  • Biaya UKT Unnes tahun 2024 tidak naik sesuai arahan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim.
  • UKT terendah sebesar Rp500 ribu, bervariasi antar prodi, dan sudah dipublikasikan di website resmi Unnes.
  • Masyarakat tidak perlu khawatir karena besaran UKT disesuaikan dengan kemampuan masing-masing mahasiswa.

Semarang, IDN TimesUniversitas Negeri Semarang (Unnes) memastikan biaya UKT untuk tahun ajaran 2024 tidak mengalami kenaikan sebagai langkah menyesuaikan arahan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. Rektorat Unnes menyebutkan biaya UKT yang dikenakan bagi mahasiswa ditentukan dari kapasitas masing-masing program studi (prodi) serta fasilitas penunjang lainnya. 

"UKT paling rendah tentunya prodi ilmu sosial ketimbang prodi yang memiliki laboratorium maupun mata kuliah praktikum. Sesuai arahan Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek, maka besaran UKT dikembalikan dengan aturan tahun 2023," ujar Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Unnes, Prof Zaenuri belum lama ini. 

Baca Juga: Daftar Mahasiswa Unnes yang Raih 6 Emas di Ajang AUG 2024, Simak Bolo!

1. UKT Unnes paling murah Rp1 juta

Biaya UKT Unnes Semarang Rp500 Ribu sampai Rp8,5 Juta, Ini Alasannya

Ia menuturkan biaya UKT terendah yang dikenakan bagi mahasiswa ialah sebesar Rp1 juta. Setiap biaya UKT maupun Iuran Pengembangan Institusi (IPI) besarannya sangat bervariasi. 

Pihaknya sudah mempublikasikan biaya UKT dan IPI melalui postingan di website resmi Unnes. 

"Jadi nanti UKT-nya antara Rp1 juta-Rp7 juta dan sudah diunggah di website kita secara terbuka. Tetapi antara prodi satu dengan lainnya berbeda sesuai kapasitas laboratorium," tuturnya. 

2. Unnes: Masyarakat tidak perlu khawatir

Biaya UKT Unnes Semarang Rp500 Ribu sampai Rp8,5 Juta, Ini Alasannyainstagram.com/unnes_semarang

Pihaknya menyarankan supaya masyarakat tidak perlu khawatir dengan dinamika penentuan UKT maupun IPI. Sebab, besaran yang dikenakan disesuaikan dengan kemampuan setiap mahasiswa. 

"Masyarakat tidak perlu khawatir utamanya penerimaan seleksi mandiri tidak didasarkan dari UKT dan IPI. Karena didasarkan pada kemampuan masing-masing," paparnya. 

3. Daftar UKT per kelompok

Biaya UKT Unnes Semarang Rp500 Ribu sampai Rp8,5 Juta, Ini AlasannyaSeorang calon mahasiswi saat bertanya ke panitia tes UTBK. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sedangkan, Kepala UPT Humas Unnes, Rahmat Petuguran menyampaikan pengenaan biaya UKT di kampusnys tahun ini masih terjangkau. 

Untuk biaya UKT setiap prodi dikenakan sesuai tiga kategori. Bagi UKT kelompok satu sebesar Rp500 ribu, UKT kelompok dua Rp1 juta, UKT kelompok ketiga antara Rp2,5 juta Rp3 juta. 

Adapun UKT prodi non kedokteran seperti Fakultas Teknik biaya tertingginya Rp8,2 juta.

"Itu untuk prodi Teknik Kimia, Teknik Mesin dan Teknik Elektro. Ini memang prodi yang membutuhkan biaya operasional yang tinggi karena perlu praktik-praktik lapangan," terangnya. 

Kemudian untuk biaya IPI tiap mahasiswa kelompok satu tidak dibebankan sama sekali. Namun untuk IPI berjenjang di tiap prodi biaya tertingginya sampai Rp25 juta. 

"Yang pada intinya ini terjangkau sekali. Untuk IPI kelompok satu nol, berjenjang di prodi itu tertinggi itu Rp25 juta. Kecuali kedokteran maksimal Rp150 juta. Yang lainnya Rp1 juta sampai Rp25 juta," paparnya. 

Baca Juga: Hore! Hafiz Quran Bisa Kuliah di Unnes Via Jalur Prestasi, Begini Caranya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya