Comscore Tracker

Buritan Kapal Dihatam Ombak, 2 Nelayan Kebumen Kecemplung Laut, 1 Tewas

Basarnas sempat telusuri laut selama dua hari

Kebumen, IDN Times - Dua nelayan yang menaiki kapal Taruna Laut kedapatan terjatuh ke dalam perairan TPI Pantai Logending, Kabupaten Kebumen. Seorang nelayan berhasil diselamatkan warga sekitar. Sedangkan satu orang lagi atas nama Turiman (49 tahun) ditemukan meninggal dunia. 

Tim SAR Cilacap menyatakan, Turiman ditemukan meninggal setelah tiga hari dilakukan pencarian di sekitar perairan Pantai Logending.

1. Turiman ditemukan di arah Selatan lokasi kejadian

Buritan Kapal Dihatam Ombak, 2 Nelayan Kebumen Kecemplung Laut, 1 TewasBasarnas Cilacap menemukan jasad Turiman di Laut Pantai Logending Kebumen. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Kepala Basarnas Cilacap, Adah Sudarsa menyatakann tubuh Turiman diketahui dalam kondisi mengambang dan sudah meninggal ketika personelnya menelusuri di lokasi kejadian. 

Turiman ditemukan sekitar jam 07.20 WIB pada Kamis (7/7/2022).

"Penemuan korban berjarak 5 nautical miles dari lokasi kejadian atau lokasinya ke arah Selatan," ungkap Adah, Kamis (7/7/2022). 

Baca Juga: 45 Kapal Hangus Terbakar di Cilacap, Kerugian Capai Rp130 Miliar

2. Dua nelayan awalnya kecemplung laut saat buritan kapalnya diterjang ombak

Buritan Kapal Dihatam Ombak, 2 Nelayan Kebumen Kecemplung Laut, 1 TewasTim SAR gabungan saat melacak keberadaan Turiman di perairan Pantai Logending Kebumen. (Dok Humas SAR Cilacap)

Adah menjelaskan, personelnya menemukan tubuh Turiman ketika menyisir lautan dengan naik perahu SAR Jukung Katir.

Tim SAR, katanya berusaha memaksimalkan pencarian setelah mendapat laporan ada dua nelayan kapal Taruna Laut yang tercebur ke laut pada Selasa (5/7/2022) Malam, pukul 21.00 WIB.

3. Turiman merupakan warga Kecamatan Ayah

Buritan Kapal Dihatam Ombak, 2 Nelayan Kebumen Kecemplung Laut, 1 Tewas

Kejadian itu berawal ketika kapal Taruna Laut akan kembali ke pangkalan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Logending. Tapi naasnya, setibanya di area break water, buritan kapal Taruna Laut diterjang ombak. SAR mendapat informasi bahwa Turiman dan temannya langsung tercebur ke laut.

Turiman tenggelam sedangkan temannya bisa diselamatkan. Turiman tercatat asal Dukuh Banyeman RT 01/RW 03, Kecamatan Ayah, Kebumen. 

"Dengan ditemukannya korban, secara resmi Operasi SAR dinyatakan ditutup. Dan seluruh unsur SAR dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," tandasnya.

Baca Juga: Penyisiran Pakai Perahu, Basarnas Cilacap Temukan 2 Bocah Meninggal

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya