Comscore Tracker

Cara Dapat Makan Siang Gratis Buat Pasien COVID-19 Isoman di Semarang

Buat kamu yang di Semarang, syaratnya gampang, kok!

Semarang, IDN Times - Peningkatan kasus penularan virus corona di Kota Semarang dimanfaatkan masyarakat setempat bahu-membahu membantu para pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Salah satunya ditunjukkan Posin Bakerry and Caffe. 

Kafe yang terletak di kawasan Jalan Menteri Supeno Semarang itu memutuskan untuk menyisihkan sebagian keuntungannya guna membantu pasien COVID-19 yang isoman di rumah di sejumlah kampung dengan memberikan makan siang secara cuma-cuma atau gratis.

1. Posin Caffe rutin kirim makan siang sejak dua minggu terakhir

Cara Dapat Makan Siang Gratis Buat Pasien COVID-19 Isoman di SemarangDeretan menu makan siang gratis yang dikirimkan oleh Posin Caffe ke pasien isoman. (Instagram/posin.smg)

Isnaini Rahayuningsih, seorang pelayan Posin Bakerry and Caffe mengatakan dirinya dan para pegawai lainnya kini disibukan memasak sampai mengemas makanan siap santap untuk dikirimkan kepada sejumlah pasien yang sudah memesan melalui WhatsApp (WA). 

"Sudah dua minggu ini kita rutin mengirimkan makan siang buat orang-orang yang sedang isoman di rumah. Niat kita pengin ngebantu mereka, dengan kondisi seperti ini, kita saling support," ujar Isna ketika dihubungi IDN Times melalui sambungan telepon. 

Baca Juga: Tuai Kritik Warga, Pemadaman Lampu PJU di Semarang Akan Dievaluasi 

2. Menu makan siang bagi pasien isoman isinya nasi ayam, telur, sayuran dan buah

Cara Dapat Makan Siang Gratis Buat Pasien COVID-19 Isoman di SemarangPenampakan dari depan Posin Caffe Semarang. (Instagram/posin.smg)

Layanan pengiriman makan siang tersebut diberikan secara gratis untuk membantu asupan gizi bagi para pasien COVID-19 yang isoman di rumah. Proses pengirimannya dilakukan setiap hari pada pukul 10.00--12.00 WIB.

Menariknya, saban hari jenis menu yang dibuat oleh pegawai kafe tersebut berganti-ganti. Ada kalanya Posin Caffe mengirim makan siang dengan menu nasi ayam. Tapi di lain hari menunya diganti nasi telur dan sayur. 

"Untuk hari ini makan siang yang dikirim ke warga menunya ada nasi, daging ayam, telur, sayuran dan buah-buahan," akunya. 

3. Ada ratusan makanan yang dikirim saban hari

Cara Dapat Makan Siang Gratis Buat Pasien COVID-19 Isoman di Semarangilustrasi pola makan sehat (IDN Times/Mardya Shakti)

Sejumlah masyarakat merespon positif pemberian makan siang gratis dari Posin Caffe. Setiap hari, jumlah warga yang meminta makan siang terus meningkat, per Senin (19/7/2021) sudah sekitar 70--100 orang lebih. 

"Setiap hari jumlah makanan yang dikirim gak tentu tergantung permitaan warga. Kadang bisa 70, 80, bisa ratusan. Yang hari ini dari jam 10--12 siang kita sudah kirim 102 bungkus," terang Isnaini. 

4. Pasien isoman cukup kirim WA foto hasil swab atau PCR dan data diri

Cara Dapat Makan Siang Gratis Buat Pasien COVID-19 Isoman di Semarangpexels.com/Cristian Dina

Posin Caffe selama ini sering menyebar brodcast mengenai layanan pengiriman makan siang gratis ini melalui grup-grup WhatsApp. Bagi pasien isoman yang ingin mendapatkan makan siang gratis dari Posin Caffe, cukup mengirimkan foto hasil tes swab antigen atau PCR positif yang berlaku 14 hari bersama identitas data diri, alamat yang lengkap, nomor telepon, jumlah anggota keluarga yang positif, dan tanggal pengiriman makan siang. 

Data tersebut dikirimkan ke salah satu nomor ke nomor 082322446650 atas nama Alfi atau Dian.

"Selama ini makan siang dikirim memakai mobil operasional kafe, ada juga yang minta dikirim lewat ojol," papar Isnaini.

Ia menambahkan selama PPKM Darurat, kafenya memilih melayani pesanan pembeli yang datang dengan cara take away. Untuk toko rotinya, saat ini masih tetap buka dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat.

Baca Juga: MUI Jateng Serukan Salat Id di Rumah, Bisa Teladani Nabi Ibrahim

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya