Catat Lur! Ini Rute Pengalihan Lalin saat Tol Kaligawe Diperbaiki, Berlaku 6 Bulan

Tol Kaligawe diperbaiki mulai Minggu (11/6/2023)

Semarang, IDN Times - Arus lalu lintas di sepanjang Jalan Raya Kaligawe Semarang dipastikan bakal dialihkan menyusul adanya proses perbaikan Tol Kaligawe. Perbaikan Tol Kaligawe akan dilakukan mulai 11 Juni 2023 dan ditarget kelar pada Desember 2023 mendatang. 

Baca Juga: Pantura Kaligawe Macet dan Banjir, Ganjar Minta Warga Minggir Dulu

1. Rekayasa lalu lintas dimulai sejak Kamis kemarin

Catat Lur! Ini Rute Pengalihan Lalin saat Tol Kaligawe Diperbaiki, Berlaku 6 Bulanilustrasi melanggar lalu lintas (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi mengatakan pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas mulai Kamis (8/6/2023) kemarin kisaran jam 10.00 WIB.

Rekayasa lalu lintas diberlakukan di semua arah yang menuju Tol Kaligawe dan jalan dalam Kota Semarang yang melewati Jalan Kaligawe. 

"Dengan mengacu sistem perencanaan dari Dinas PU dan kontraktor PT Hutama Karya, maka rekayasa lalu lintas dikerjakan kemarin jam 10 pagi. Itu berlaku dari arah Demak, Pelabuhan Tanjung Emas yang menuju Semarang maupun sebaliknya," ujar Yunaldi kepada IDN Times, Jumat (9/6/2023).

2. Tol Kaligawe mulai diperbaiki

Catat Lur! Ini Rute Pengalihan Lalin saat Tol Kaligawe Diperbaiki, Berlaku 6 Bulanilustrasi lalu-lintas yang padat (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Rekayasa lalu lintas, ujarnya dikerjakan selama enam bulan ke depan. Hal ini seusai aktivitas perbaikan Tol Kaligawe yang diharapkan bisa rampung Desember 2023.

"Dan tanggal 11 Juni 2023 besok mulai dikerjakan. Karena proyek jembatan itu kan pengerjaannya sampai Desember. Maka baru bulan Desember 2023 sudah bisa digunakan. Artinya rekayasanya selama enam bulan," tuturnya. 

3. Kendaraan berat diputarbalikan masuk Tol Muktiharjo

Catat Lur! Ini Rute Pengalihan Lalin saat Tol Kaligawe Diperbaiki, Berlaku 6 BulanIlustrasi tronton (Dokumen)

Bagi kendaraan berat dari arah Demak yang menuju Semarang akan dialihkan masuk ke Tol Kaligawe. Kemudian setelah berjalan sejauh 200 meter, kendaraan berat akan diputarbalikan untuk melewati turunan jalan yang masuk ke Tol Muktiharjo. 

Selanjutnya dari Tol Muktiharjo, kendaraan berat diperbolehkan melewati ke tol dalam kota maupun ke ruas jalan raya. 

4. Kendaraan kecil bisa putar balik dari depan Unisula

Catat Lur! Ini Rute Pengalihan Lalin saat Tol Kaligawe Diperbaiki, Berlaku 6 Bulan

Lebih lanjut, ia menyampaikan, untuk warga Semarang atau sopir truk yang melaju dari arah Kaligawe menuju Pelabuhan Tanjung Emas, bisa melewati akses jalan Arteri Yos Sudarso. Jalur kiri Arteri Yos Sudarso nantinya dibuat dia lajur agar bisa membuat kendaraan kecil maupun kendaraan bertonase berat. 

Adapun bagi masyarakat yang menempuh perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Emas menuju Solo khususnya truk tronton dialihkan melewati Tol Krapyak.

"Tapi buat kendaraan kecil akan diputarbalik dari depan Unisula melewati Tol Kaligawe," paparnya.

5. Polisi sarankan pengguna jalan cari jalur alternatif di Mranggen

Catat Lur! Ini Rute Pengalihan Lalin saat Tol Kaligawe Diperbaiki, Berlaku 6 Bulanilustrasi lalu lintas (unsplash.com/sxtcxtc)

Sejauh ini, Yunaldi telah mengecek arus lalu lintas yang ada di ruas Tol Kaligawe. Sejak kemarin diterapkan sampai sore ini terpantau ramai dan lancar. 

"Untuk Sabtu besok kita evaluasi. Memang kita akui dengan adanya proyek perbaikan Tol Kaligawe otomatis berimbas pada situasi lalu lintas. Nah, buat pelaku perjalanan dari arah Kudus maupun Demak yang rutin menuju Semarang, sebaiknya carilah jalan alternatif. Opsi yang kita berikan bisa lewati jalur Mranggen dan Demak. Karena ini tentu ada hambatan pada jam sibuk di siang hari. Umumnya kepadatan saat jam kerja dan ada lakalantas. Sehingga kalau ada tabrakan kendaraan di situ emang perlu waktu untuk dievakuasi," pungkasnya. 

Baca Juga: Hujan Sebentar Kaligawe Banjir, Ganjar Langsung Turun Pantau Lokasi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya