Dear Warga Salatiga, Ini Syarat Hewan yang Dapat Vaksin Rabies Gratis

Wali Kota Salatiga lakukan vaksin rabies selama 4 hari

Salatiga, IDN Times - Untuk mencegah penularan rabies, puluhan hewan milik warga Salatiga diberi vaksinasi secara gratis. Pemberian vaksinasi menyasar pada anjing dan kucing piaraan yang rentan terkena virus rabies yang membahayakan kesehatan pemiliknya.

Penyuntikan vaksin rabies dilakukan petugas gabungan Dinas Pangan dan Dinas Peternkan Salatiga selama empat hari berturut-turut.

Setiap pemilik anjing maupun kucing yang telah didata oleh Pemkot, secara bergiliran mendatangi Klinik Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Jalan Imam Bonjol, Salatiga. 

1. Ada 25 hewan piaraan yang divaksinasi untuk cegah rabies dan zoonosis

Dear Warga Salatiga, Ini Syarat Hewan yang Dapat Vaksin Rabies GratisWali Kota Salatiga Yuliyanto memantau vaksinasi rabies di Klinik Puskeswan. (Dok Humas Pemkot Salatiga)

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto mengaku telah menyediakan 100 dosis untuk memberikan vaksinasi bagi 25 hewan piaraan di Klinik Puskeswan.

Ia berkata saat ini sedang berusaha mempertahankan citra wilayahnya agar bebas dari penularan rabies.

"Kita lakukan penanggulangan penyakit rabies, zoonosis atau penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang ditransmisikan dari hewan ke manusia," ujarnya, Selasa (24/8/2021). 

Baca Juga: Keren! Mahasiswa UKSW Salatiga Bikin Aplikasi Buat Promosikan Produk Lokal

2. Biaya vaksin rabies sudah dianggarkan APBD Salatiga

Dear Warga Salatiga, Ini Syarat Hewan yang Dapat Vaksin Rabies GratisWali Kota Salatiga Yuliyanto saat cek kondisi anjing yang divaksin rabies. (Dok Humas Pemkot Salatiga)

Ia menyebut rabies merupakan virus mematikan yang dapat menyerang sistem syaraf manusia. Menukil riset Kementerian Kesehatan tahun 2015--2019, kasus gigitan hewan yang menularkan rabies dilaporkan ada 4.306 kasus dengan angka kematian ada 544 orang.

Yuliyanto mengatakan telah menganggarkan dana dari APBD Salatiga untuk membiayai program vaksinasi rabies.

"Ini juga bertujuan mempertahankan status bebas rabies dan mendukung program nasional, Indonesia bebas rabies 2030," tambahnya.

3. Hewan yang disuntik vaksin rabies harus berusia 3,5 bulan dan tidak bunting

Dear Warga Salatiga, Ini Syarat Hewan yang Dapat Vaksin Rabies GratisIDN Times/Sukma Shakti

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Salatiga, Nunuk Dartini mengimbau kepada semua pemilik hewan piaraan supaya rutin memeriksakan kesehatan hewan kesayangannya.

Ia menuturkan dengan diberi vaksinasi rabies, maka bisa mengurangi angka penularan penyakit tersebut.

Di lain pihak, petugas venteriner Dinas Pangan dan Peternakan Salatiga, Drh Christina Susilaningsih menyebut, hewan piaraan yang diberi vaksin rabies syaratnya harus berusia 3,5 bulan. Hewan tersebut juga tidak dalam keadaan bunting.

Ia pun mengingatkan kepada warga Salatiga guna menjaga kesehatan hewannya dengan rutin diberi obat cacing.

Adapun ciri-ciri hewan gejala rabies antara lain takut cahaya, takut air, menjadi agresif.

"Kemudian tiba-tiba menyerang, produksi air liur banyak, kejang, dan ada juga peliharaan mengalami lumpuh," tandasnya. 

Baca Juga: Jateng Siapkan 3.000 Dosis Vaksinasi Anjing, Antisipasi Rabies

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya