Dicek Jokowi, MUI Jateng: 45 Ribu Tokoh Agama Sudah Divaksinasi

Presiden Jokowi akan cek vaksinasi di MAJT besok

Semarang, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah menyebut sampai Selasa (9/3/2021) sudah ada 45 ribu tokoh agama di wilayahnya yang mengikuti vaksinasi COVID-19

1. Para guru ngaji, kiai dan ulama ponpes wajib divaksinasi

Dicek Jokowi, MUI Jateng: 45 Ribu Tokoh Agama Sudah DivaksinasiIlustrasi pengajian: IDN Times/Humas Pemkab Kutim

Ketua MUI Jateng, KH Ahmad Daroji mengungkapkan jumlah tersebut terdiri dari para kiai pengasuh pondok pesantren, guru-guru ngaji serta sejumlah ulama yang berusia 35 tahun hingga 60 tahun keatas.

"Memang kita wajibkan semua alim ulama di Jawa Tengah ikut divaksinasi. Karena dengan cara inilah bisa diyakinkan masyarakat Muslim bahwa vaksin Sinovac penggunaannya aman untuk tubuh" ujar Daroji ketika dihubungi IDN Times melalui sambungan telepon, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga: Jika Tak Ditangani Dengan Tepat, Limbah Vaksin Bisa Picu Vaksin Palsu

2. MUI minta umat Islam tak perlu meragukan vaksinasi Sinovac

Dicek Jokowi, MUI Jateng: 45 Ribu Tokoh Agama Sudah DivaksinasiIDN Times/Fariz Fardianto

Pihaknya menyatakan tahapan vaksinasi bagi tokoh agama saat ini masih berlangsung. Daroji menyarankan agar umat Islam tak perlu ragu saat menjalani vaksinasi.

Menurutnya, vaksinasi COVID-19 tidak berbahaya bagi tubuh dan justru bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh sekaligus mencegah penularan virus corona.

"Umat Muslim tidak perlu ragu lagi. Karena kita-kita yang berada di tataran ulama dan kiai pengelola pondok saja aktif menjalani vaksinasi. Langkah ini juga buat mencegah penularan COVID-19, sehingga angka kematian warga dapat ditekan," kata Daroji.

3. Jokowi cek langsung vaksinasi kiai di MAJT Semarang

Dicek Jokowi, MUI Jateng: 45 Ribu Tokoh Agama Sudah DivaksinasiJokowi tinjau food estate di Kalimantan Tengah. Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Presiden Joko "Jokowi" Widodo, imbuhnya, akan meninjau pelaksanaan vaksinasi khusus tokoh agama di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang pada Rabu (10/3/2021).

"Sesuai jadwal, Pak Presiden akan mengecek tahapan vaksinasi bagi ulama di MAJT Semarang. Kita berharap pemerintah terus berusaha menekan angka penularan virusnya, supaya pandemik segera mereda atau bisa berakhir," pungkas Darodji.

Baca Juga: MUI Apresiasi Jokowi Cabut Lampiran Perpres Investasi Miras

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya