Comscore Tracker

Dua Obat ini Berhasil Sembuhkan Pasien Virus Corona di RS Wongsonegoro

Empat pasien dinyatakan sudah sembuh

Semarang, IDN Times - Pengelola RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang mengungkapkan terdapat sejumlah obat yang ampuh untuk menyembuhkan pasien virus Corona (Covid-19) yang selama ini dirawat di rumah sakitnya.

1. Obat oseltamivir dan chloroquin wajib diminum pasien Corona

Dua Obat ini Berhasil Sembuhkan Pasien Virus Corona di RS WongsonegoroIDN Times/Debbie Sutrisno

Direktur Utama RSUD Wongsonegoro, Susi Herawati mengungkapkan paling tidak terdapat dua jenis obat yang wajib diminum oleh pasien virus Corona. Yaitu oseltamivir antiviral dan chloroquin.

Susi menjelaskan obat oseltamivir diminum bagi pasien selama lima sampai 10 hari. Oseltamivir diminum dua kali.

"Oseltamivir harus diminum sampai 10 hari. Kemudian yang satu lagi chloroquin harus diminum khusus untuk pasien positif Corona. Untuk dosisnya tergantuk kondisi kesehatan si pasien," kata Susi kepada IDN Times, Jumat (3/4).

Baca Juga: Hebat! 4 Pasien Positif COVID-19 di RSUD Wongsonegoro Semarang Sembuh 

2. Pemakaian obat mengacu pada protokol RS Persahabatan

Dua Obat ini Berhasil Sembuhkan Pasien Virus Corona di RS WongsonegoroUnsplash

Lebih jauh, ia mengungkapkan resep obat untuk pasien Corona di rumah sakitnya merujuk dari aturan protokol kesehatan yang diterapkan di RS Persahabatan Jakarta yang juga saat ini masih merawat sejumlah pasien suspect virus Corona.

3. Pasien Corona juga diberi asupan vitamin C

Dua Obat ini Berhasil Sembuhkan Pasien Virus Corona di RS WongsonegoroIlustrasi pasien corona (CNN indonesia news)

Pihaknya mengatakan masih ada berbagai terapi medis lainnya untuk mengobati pasien Corona. Menurutnya si pasien harus menggunakan injeksi infus levofloxacine, injeksi azitromisin, injeksi NAC dan injeksi vitamin C.

"Tentunya kadar dosisnya juga beda-beda. Yang paling penting kita semua berupaya memberikan layanan medis yang terbaik untuk mengobati pasien Covid-19," terangnya.

4. RSUD Wongsonegoro masih merawat 46 pasien Corona. Ruang isolasinya full

Dua Obat ini Berhasil Sembuhkan Pasien Virus Corona di RS WongsonegoroPetugas medis melakukan pengecekan alat di ruang isolasi yang digunakan untuk merawat pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno, Solo, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Mohammad Ayuda

Susi mengaku bersyukur terdapat empat pasien positif Corona di RSUD KRMT Wongsonegoro yang telah dinyatakan sembuh. "Hasil swab tenggorokannya sudah negatif. Sehingga dua hari lalu mereka sudah pulang," terangnya.

Untuk saat ini, katanya pasien Corona yang masih dirawat di rumah sakitnya berjumlah 46 orang. Susi bilang upaya medis terus dilakukan untuk meminimalisir penularan virus Corona. Para pasien terbagi dalam kondisi penularan virus Corona ringan, sedang dan berat.

"Di rumah sakit kita ada 46 pasien Corona yang masih dirawat. Dan ruang isolasinya juga sudah penuh. Maka pasien yang masuk kemari kita arahkan ke rujukan rumah sakit lainnya. Bisa RS Telogorejo, RSUP Kariadi, RSI Sultan Agung," tutupnya.

Baca Juga: Tenaga Medis di Semarang Keluhkan Ketidakjujuran Pasien Virus Corona

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya