Comscore Tracker

Gempar! Kue Tart Berisi 18 Paket Sabu Ditemukan di Lapas Kedungpane Semarang

Saat kue dipotong ternyata di dalamnya ada sabu

Semarang, IDN Times - Aksi penyelundupan narkoba seakan tak pernah berhenti di Lapas Kelas I Kedungpane, Semarang. Yang terbaru, seorang petugas bernama Isnawati menemukan sebuah kue tart yang berisi sabu.

Tak tanggung-tanggung, ada 18 bungkusan berisi sabu yang diselipkan di dalam kue tart. 

1. Sipir lapas curiga dengan kedatangan pembesuk tadi pagi

Gempar! Kue Tart Berisi 18 Paket Sabu Ditemukan di Lapas Kedungpane SemarangSeorang pembesuk saat ditangkap petugas Lapas Kedungpane karena membawa kue tart berisi sabu. (IDN Times/Humas Lapas Kedungpane)

Semula, Isnawati seperti biasa menjalankan tugasnya menjaga lokasi penitipan makanan Drive Thru yang terletak di dekat pintu Lapas Kedungpane.

Sekitar jam 09.50 pagi ketika jadwal pengiriman makanan ditutup, mendadak datang seorang pria yang mengaku akan membesuk seorang narapidana.

Baca Juga: Bola Isi Sabu Nyangkut di Tembok Lapas Kedungpane, Polisi Ngaku Sudah Patroli

2. Kue tart yang diperiksa petugas berisi 18 paket sabu

Gempar! Kue Tart Berisi 18 Paket Sabu Ditemukan di Lapas Kedungpane SemarangPenampakan sabu yang dimasukan ke kue tart. (IDN Times/Humas Lapas Kedungpane)

Saat barang bawaanya digeledah oleh Isnawati, pembesuk berinisial XN tersebut tepergok menyembunyikan 18 bungkusan berisi sabu di bawah kue tart.

"Saat barangnya dicek petugas, ada bungkusan yang diselipkan di bawah kue tart. Pas dibongkar, petugas menemukan 18 paket berisi sabu-sabu. Juga ada sebuah handphone," kata Kepala Lapas Kedungpane, Supriyanto kepada IDN Times, Sabtu (29/1/2022).

3. Kue tart berisi sabu awalnya akan dikirim untuk napi Lapas Kedungpane

Gempar! Kue Tart Berisi 18 Paket Sabu Ditemukan di Lapas Kedungpane SemarangSeorang napi Lapas Kedungpane yang diinterograsi petugas. (IDN Times/Humas Lapas Kedungpane)

Ketika XN diinterograsi oleh petugas, dirinya mengakui jika kue tart tersebut akan diantarkan kepada seorang narapidana berinsial OM. Isnawati lalu bergegas melaporkan temuannya kepada koordinator layanan kunjungan drive thru Lapas Kedungpane.

Supriyanto melanjutkan bahwa XN beralasan menyelundupkan sabu di dalam kue tart untuk mengelabuhi petugasnya. "Namun aksi itu gagal karena petugas penggeledahan makanan sangat jeli dengan memotong-motong kue tart tersebut. Pelakunya langsung diserahkan ke Polsek," jelasnya.

4. Penitipan barang drive thru dianggap efektif cegah penyelundupan narkoba

Gempar! Kue Tart Berisi 18 Paket Sabu Ditemukan di Lapas Kedungpane SemarangDua HP juga disita dari tangan pembesuk di Lapas Kedungpane. (IDN Times/Humas Lapas Kedungpane)

Supriyanto menekankan pihaknya akan terus bekerjasama dengan Ditresnarkorba Polda Jateng terkait pengungkapan penyelundupan sabu. "Dan ini merupakan komitmen memberantas dan berperang melawan Narkotika. Layanan penitipan barang drive thru terbukti efektif menggagalkan penyelundupan barang terlarang ke dalam Lapas," tuturnya.

Baca Juga: Sel Napi Lapas Kedungpane Digeledah, Sipir Temukan Pisau Lipat dan Charger

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya