Comscore Tracker

Gerhana Bulan Total Muncul di Kota Lama Semarang, Dieng Nihil

Warga Jateng nonton Gerhana Bulan total secara kasat mata

Semarang, IDN Times - Penampakan Gerhana Bulan total atau Super Blood Moon yang muncul pada Rabu (26/5/2021) malam menarik perhatian masyarakat Jawa Tengah. Di sejumlah lokasi, dari kecamatan hingga tingkat desa, warga berusaha mengabadikan momen Gerhana Bulan total yang berbentuk merah darah memakai gawai kesayangannya.

1. Warga Eromoko Wonogiri senang bisa nonton langsung bulan merah darah

Gerhana Bulan Total Muncul di Kota Lama Semarang, Dieng NihilGerhana bulan total yang teramati dengan jelas di dekat Pos Johar Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Jauh dari pusat kota, sejumlah warga Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah mengaku beruntung dapat melihat penampakan Gerhana Bulan total.

"Di Eromoko kelihatan jelas. Saya tertarik kepengin lihat Gerhana Bulannya karena dibahas di WAG Cuaca Jateng. Ternyata hasilnya bisa lihat langsung saat keluar rumah," kata Yoto, seorang warga Eromoko, Wonogiri kepada IDN Times via WhatsApp.

Baca Juga: Hari Ini Ada Gerhana Bulan Total, Intip Tempat Terbaik Menikmatinya!

2. Super Blood Moon tampak di Blora sampai Semarang

Gerhana Bulan Total Muncul di Kota Lama Semarang, Dieng NihilSuper Blood Moon atau gerhana bulan total di Cepu Blora. Dok WAG Info Cuaca Jateng

Selain Wonogiri, gerhana bulan total juga tampak di Mranggen, Kabupaten Demak dan Cepu, Kabupaten Blora. Arie seorang warga Cepu melihat langsung gerhana bulan total yang berbentuk bulat merah kehitaman tepat jam 18.16 WIB.

"Cepu 18.16 WIB," katanya sambil mem-posting foto hasil jepretannya di WAG Cuaca.

Warga Purwodadi, Kabupaten Grobogan dan Ungaran, Kabupaten Semarang juga tidak mau ketinggalan mengamati fenomena langka tersebut. Beberapa warga melihat gerhananya sekitar jam 18.25 WIB.

3. Gerhana Bulan total kelihatan di Kota Lama Semarang

Gerhana Bulan Total Muncul di Kota Lama Semarang, Dieng NihilGerhana bulan total muncul diatas gedung tua Kota Lama Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Di Kota Semarang, gerhana bulan total terlihat jelas sekitar pukul 18.25 WIB. IDN Times memantau Super Blood Moon bisa dilihat dengan mata telanjang di atas Jembatan Berok dan terlihat bulat di atas gedung-gedung tua kawasan Kota Lama.

Namun, pemandangan berbeda justru dialami sebagian warga lainnya yang tinggal di pesisir Selatan Jateng dan Dataran Tinggi Dieng. Raihan, warga Desa Alian Kecamatan Krakal, Kabupaten Kebumen berkata baru bisa melihat gerhana bulan total jam 19.00 WIB.

"Sebelumnya sempat gak kelihatan sama sekali," aku Raihan.

4. Gerhana Bulan total tertutup awan di Candi Arjuna Banjarnegara

Gerhana Bulan Total Muncul di Kota Lama Semarang, Dieng NihilGerhana bulan total merah darah di Jateng. Dok Info WAG Cuaca Jateng

Para petugas Stasiun Geofisika Banjarnegara yang melakukan pengamatan di Candi Arjuna kawasan obyek wisata Dieng tidak dapat melihat penampakan gerhana tersebut sama sekali.

"Di Candi Arjuna gak kelihatan sama sekali. Cuacanya cerah berawan tapi ketutup awan," kata Setyoajie Prayogie, Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara.

Tim Stasiun Geofisika turut menyediakan layanan live streaming bagi warga yang ingin menyaksikan nonton Gerhana Bulan total dari rumah. 

Baca Juga: Candi Arjuna Dieng Jadi Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Total, Cek Waktunya

https://www.youtube.com/embed/m-yhkNhLkFw

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya