H-4 Lebaran, 5.889 Kendaraan Pemudik Masuk ke Semarang, Waspadai Gejala Ini

Semarang jadi titik lelah pemudik, guys

Semarang, IDN Times - Memasuki hari keempat menjelang Lebaran (H-4) Lebaran 2022, sebanyak 5.889 kendaraan pemudik dari berbagai daerah sudah tiba di Kota Semarang. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang menyebut, arus kendaraan pemudik paling banyak dari mobil pribadi dan truk pengangkut sembako. 

"Per hari ini terpantau dari sejumlah ruas jalan raya sudah ada 5.889 kendaraan pemudik yang masuk ke Semarang. Rinciannya yang sepeda motor ada 1.870 unit dan 4.019 unit merupakan kendaraan roda empat," kata Kepala Dishub Kota Semarang, Endro Pudyo Martanto kepada IDN Times, Jumat (29/4/2022). 

1. Volume kendaraan pemudik naik 70 persen saat Malam

H-4 Lebaran, 5.889 Kendaraan Pemudik Masuk ke Semarang, Waspadai Gejala IniPantauan arus mudik di Kota Semarang. (Dok Dishub Kota Semarang)

Ia menyampaikan, arus kendaraan pemudik saat ini bergerak naik 30 persen ketimbang kondisi hari sebelumnya. Endro berkata, lonjakan akan terjadi sekitar 60--70 persen ketika memasuki Malam hari. 

"Kalau nanti Malam kita prediksikan volume kendaraan pemudik melonjak 60--70 persen," ujarnya. 

Baca Juga: 7 Potret Jelang Lebaran di Mal Semarang, Banjir Diskon dan Pengunjung

2. Pemudik dari Sumatera, Jabar, dan Jakarta masuk ke Semarang

H-4 Lebaran, 5.889 Kendaraan Pemudik Masuk ke Semarang, Waspadai Gejala IniPotret arus mudik di Tol Krapyak. (Dok Dishub Kota Semarang)

Lebih lanjut, para pemudik yang tiba di Kota Semarang rata-rata berasal dari Sumatera, Jawa Barat, Jakarta dan sebagian Banten. Hal itu menurutnya terkonfirmasi dari pelat motor maupun mobil yang bergerak memasuki sejumlah titik keramaian. 

Ia menyarankan kepada para pemudik yang telah menempuh perjalanan jauh selama berjam-jam sebaiknya menyempatkan istirahat di rest area jalan tol maupun posko-posko terpadu yang sudah dibangun di pinggir jalan raya. 

3. Pemudik yang sudah berkendara 4 jam harus istirahat di posko

H-4 Lebaran, 5.889 Kendaraan Pemudik Masuk ke Semarang, Waspadai Gejala IniIlustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dishub, katanya kini sudah membangun 12 posko terpadu bersama aparat TNI/Polri serta didukung kesiapan dari petugas medis Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. 

"Di tiap jalur mudik kita sediakan posko terpadu. Bagi pemudik yang merasa capek, jangan dipaksakan berkendara. Kalau sudah menempuh perjalanan 4 jam lebih baik istirahat di posko-posko atau rest area," terangnya. 

4. Semarang jadi titik lelah para pemudik

H-4 Lebaran, 5.889 Kendaraan Pemudik Masuk ke Semarang, Waspadai Gejala IniTugu Muda. (instagram.com/meltoy.photo)

Endro menyebutkan, dengan tingginya antusiasme masyarakat yang mudik tahun ini maka patut berhati-hati saat melintasi Kota Semarang. Sebab, wilayah Semarang yang berada di tengah jalur Pantura menjadi titik lelah para pemudik. 

"Bisa dikatakan Semarang adalah titik lelahnya pemudik. Maka kita sediakan posko mudik di Bukit Gombel, Krapyak, depan Terminal Mangkang, Tugu, dan sejumlah lokasi lainnya," ujar Endro. 

Baca Juga: H-6 Lebaran, 190.946 Kendaraan Pemudik Masuk Semarang Lewat Tol  

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya