Henggar Budi Anggoro Jadi Pj Bupati Pati, Ganjar: Support Kebijakan Nasional

Ganjar minta Henggar bikin harmoni di Pati

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menitipkan pesan kepada Henggar Budi Anggoro yang resmi dilantik menjadi Penjabat Bupati Pati. Pemilihan Henggar sendiri diakui Ganjar sudah melewati seleksi dari pemerintah pusat. 

Menurut Ganjar menjadi Penjabat Bupati harus bisa mengambil peran bagi daerah agar mendukung keputusan yang dilakukan pemerintah pusat. 

"Diseleksi di pusat terus kemudian ditentukan dari calon-calon yang ada. Sebenarnya administrasi sudah selesai. Tapi saya pesankan ada PR, betapa pentingnya daerah mensupport kebijakan yang ada di nasional dan dengan situasi yang sekarang tidak menentu ini maka inisiatif dan peran daerah menjadi penting," ujar Ganjar dalam keterangan yang didapat IDN Times, Rabu (24/8/2022).

1. Henggar Budi Anggoro sebelumnya jadi Kepala Dishub Jateng

Henggar Budi Anggoro Jadi Pj Bupati Pati, Ganjar: Support Kebijakan NasionalPj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro berjabat tangan dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo usai pelantikan. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Henggar sebelumnya merupakan Kepala Dishub Jateng. Henggar kemudian dilantik menggantikan Bupati Pati Haryanto yang habis masa jabatannya tanggal 22 Agustus 2022. 

Pelantikan itu juga tindak lanjut dari Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (SK Mendagri) nomor 131.22-5117 tahun 2022 terkait penunjukan Penjabat Bupati yang telah terbit dan ditandatangani pada 12 Agustus 2022. 

Baca Juga: Kondisi Pasien Suspek Cacar Monyet di Pati Berangsur Pulih

2. Ganjar beri tugas Henggar untuk berinovasi di Kabupaten Pati

Henggar Budi Anggoro Jadi Pj Bupati Pati, Ganjar: Support Kebijakan NasionalGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri pelantikan Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Ganjar menjelaskan saat ini Henggar telah diberi tugas untuk memperbaiki situasi di Kabupaten Pati. Yang pertama, katanya Henggar wajib melakukan inovasi dan kreasi untuk menangani masalah inflasi di daerahnya.

Tak cuma itu, Ganjar juga berpesan kepada Henggar agar memperbaiki integritas Pemkab Pati agar kejadian OTT Bupati Pemalang tidak terulang kembali. 

Ganjar berkata kejadian OTT Bupati Pemalang beberapa waktu lalu telah menjadi pukulan telak.

"Saya selalu ceritakan dan titipkan itu. Saya tidak akan pernah bosan bicara soal anti korupsi dan layanan yang baik. Kalau ini bisa kita dorong mulai dari bawah insyaallah pemerintahannya akan sangat baik. Bisa melayani dengan tulus, transparan, akuntabel. Itu musti diajarkan terus-menerus," bebernya.

3. Ganjar perintahkan Henggar wajib lapor per tiga bulan

Henggar Budi Anggoro Jadi Pj Bupati Pati, Ganjar: Support Kebijakan NasionalIDN Times/Rudal Afgani

Tugas lainnya yang diemban Henggar yaitu harus melaporkan kinerjanya btiap tiga bulan sekali. Ganjar menekankan dengan wajib lapor tiga bulan maka jadi bentuk kontrol karena Penjabat Bupati merupakan pegawai Pemprov. 

"Ini ada positifnya karena dikirim dari provinsi, pegawai provinsi, maka saya dengan wagub lebih gampang. Kalau ada apa-apa saya jewer gitu. Biasanya itu sangatlah efisien maka beberapa yang kita tugaskan itu langsung jalan cepat. Jadi ada keuntungannya," katanya. 

4. Henggar diminta pastikan harmoni jelang 2024

Henggar Budi Anggoro Jadi Pj Bupati Pati, Ganjar: Support Kebijakan NasionalIDN Times/Humas Pemkab Pati

Ganjar berharap Henggar bisa langsung bekerja termasuk komunikasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh-tokoh yang ada di Pati dan juga dengan DPRD. 

Ia berharap harmonisasi harus berjalan dengan baik di Pati mengingat saat ini menjelang kontestasi Pemilu 2024. "Menjelang 2024, di sana juga akan ada Pilkada. Semua sudah pasang kuda-kuda juga maka pastikan netral, pastikan bisa mengelola itu dengan baik, pastikan harmoni itu terjadi," imbuhnya. 

Baca Juga: Tak Bahas Ganjar Saat Bertemu PDIP, NasDem: Puan Juga Mau Capres

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya