Comscore Tracker

Hujan Mulai Turun, Puluhan Waduk di Jateng Diperbaiki

Saat ini ada 41 waduk

Semarang, IDN Times - Hujan lebat yang mengguyur sebagian daerah Jawa Tengah membuat sejumlah fasilitas infrastruktur mulai mendapat perbaikan secara berkala. 

1. Proses perawatan dikerjakan di 41 waduk

Hujan Mulai Turun, Puluhan Waduk di Jateng DiperbaikiIDN Times/Fariz Fardianto

Dinas Pekerjaan Umum, Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPU SDA TARU) Jawa Tengah menyatakan perbaikan saat ini sedang dikerjakan pada bangunan waduk dan bendungan yang ada di wilayahnya. 

"Sudah ada 41 bendungan yang sedang kita lakukan perawatan untuk saat ini. Proses perbaikan dengan menambal dinding bendungan yang retak dan berpotensi bocor," kata Eko Yunianto, Kepala DPU SDA TARU Jateng kepada IDN Times, Jumat (15/11). 

Baca Juga: Tragisnya Penampakan Waduk di Jateng saat Dilanda Kemarau Panjang

2. Waduk Logung dan Waduk Gondang juga diperbaiki

Hujan Mulai Turun, Puluhan Waduk di Jateng DiperbaikiIDN Times/Istimewa

Perbaikan yang saat ini sedang dikerjakan di Waduk Logung, Kudus, Waduk Gondang Karanganyar. Lalu mempercepat pembangunan Waduk Randugunting di Blora serta proyek waduk lainnya. 

"Kemudian yang lainnya kita lagi mengerjakan pembangunan Waduk Jlantah di Karanganyar, Bidekso Wonogiri dan Waduk Bener Purworejo," terangnya. 

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, 30 Daerah di Jateng Ini Rawan Longsor

3. DPU kebut proyek Waduk Bener untuk menyuplai air bersih di Bandara Kulonprogo

Hujan Mulai Turun, Puluhan Waduk di Jateng Diperbaikikidsdiscover

Untuk Waduk Bener Purworejo, katanya nantinya bakal dimanfaatkan untuk mendukung pasokan air irigasi dan air baku bagi masyarakat sekitar. 

Selain itu, katanya Waduk Bener juga akan dipakai untuk mendukung pasokan air baku dan air irigasi bagi masyarakat Purworejo serta pengelolaan air bersih di Bandara Internasional Kulonprogo, DIY. 

"Kita sekarang paling berat di sektor pembebasan lahannya. Karena banyak lahan Waduk Bener yang bersinggungan dengan ladang pertanian warga sekitar," terangnya. 

Baca Juga: Warga di Jateng Diimbau Tidak Tidur saat Turun Hujan, Ini Alasannya

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Just For You