Comscore Tracker

26 Jemaah Ijtima Gowa asal Jawa Tengah Positif Corona, Ada di 5 Daerah

Satu jemaah asal Karanganyar, Jawa Tengah meninggal dunia

Semarang, IDN Times - Sebanyak 26 warga Jawa Tengah diketahui positif terpapar virus corona (COVID-19) usai mengikuti rangkaian acara Ijtima Ulama di Gowa, Sulawesi Selatan.

Adapun terdapat 1.500 warga Jawa Tengah yang ikut acara tersebut. Mereka tersebar di lima kabupaten/kota, yaitu dari Kabupaten Grobogan, Karanganyar, Banyumas, Kebumen, Klaten dan beberapa daerah lainnya.

1. Satu warga Karanganyar yang ikut Ijtima Gowa meninggal dunia

26 Jemaah Ijtima Gowa asal Jawa Tengah Positif Corona, Ada di 5 DaerahDok. Sinergi Foundation

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkapkan dari data yang diperoleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah, saat ini 26 warga yang positif COVID-19 usai ikut ijtima di Gowa sudah tersebar di beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah. Yaitu 11 warga di Banjarnegara, 11 warga di Wonosobo, 2 warga di Klaten, 2 warga Solo dan seorang lagi warga di Karanganyar.

Untuk yang warga di Karanganyar telah meninggal dunia.

Baca Juga: 50 Warga Banjarnegara Ikut Ijtima Ulama di Gowa, Satu Positif COVID-19

2. Warga yang ikut Ijtima Gowa diminta melapor

26 Jemaah Ijtima Gowa asal Jawa Tengah Positif Corona, Ada di 5 DaerahANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Ganjar mengungkapkan setiap warga yang habis menempuh perjalanan ke daerah zona merah virus corona, saat ini wajib lapor ke rumah sakit terdekat. Selain itu, pelaporan bisa dilakukan di Dinas Kesehatan setempat, di daerah masing-masing, maupun RT/RW terdekat.

"Sampaikan kabar, habis datang dari zona merah, Jabodetabek, TKI. Yang dari Gowa tolong lapor lewat medsos. Bisa lewat SMS, WA, kepada RT RW lurah, camat, dinas rumah sakit. Agar kita bisa bantu panjenengan," ujarnya dalam keterangan yang didapat IDN Times, Selasa (21/4).

Lebih lanjut, ia mengingatkan kepada warganya yang terlanjur ikut Ijtima Ulama di Gowa supaya lekas memeriksakan kesehatannya. Sebab, sejauh ini kasus penularan COVID-19 dari klaster Gowa terbilang sangat tinggi. 

3. Jemaah yang ikut Ijtima Gowa diminta untuk jujur

26 Jemaah Ijtima Gowa asal Jawa Tengah Positif Corona, Ada di 5 DaerahINDONESIA TFRIC19 (Dok. Biro Hukum, Kerja Sama, dan Humas BPPT)

Ganjar menegaskan semua kabupaten/kota saat ini masih melakukan tracing dan tracking bagi warga yang berdatangan dari daerah zona merah virus corona, termasuk mereka yang berangkat ke acara Ijtima Ulama di Gowa.

"Mereka telah pulang dan ada data yang diberikan kita untuk dites. Tolong jujur, tolong cerita, kalau diam diam akan bahaya, jujur itu penting. Kalau perlu sekarang ngacung yang dari Gowa atau episentrum, tolong dengan kesadaran diri untuk melapor bahwa dari sana, bantu kami," urainya.

Baca Juga: Munas Alim Ulama Nahdlatul Ulama Ditunda, Panitia di Rembang Legawa

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya