Comscore Tracker

Kesetrum Listrik, Petugas Baliho Terpental, Ditemukan Masih Tersangkut

Untungnya Agus masih selamat

Magelang, IDN Times - Seorang petugas yang sedang memperbaiki papan baliho di Desa Bumiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang ditemukan pingsan setelah tersetrum aliran listrik yang berada di dekatnya. Agus, nama petugas tersebut, kondisinya masih tersangkut di atas baliho setinggi 10 meter ketika dievakuasi oleh tim SAR gabungan pada Rabu (12/1/2022) Malam.

1. Agus sempat pingsan dan tersangkut di baliho

Kesetrum Listrik, Petugas Baliho Terpental, Ditemukan Masih TersangkutAgus terkapar saat dievakuasi oleh tim SAR. (Dok Humas SAR Semarang)

Koordinator Tim SAR Unit Borobudur Magelang, Basuki mengatakan, petugas harus memakai sejumlah peralatan khusus untuk menggotong tubuh Agus dari atas baliho.

Saat kejadian cuaca di Magelang berawan dan tidak diguyur hujan.

"Kemungkinan besar korban menyentuh instalasi kabel listrik saat sedang perbaiki papan baliho. Makanya pas kita evakuasi kondisi korban pingsan. Kata saksi mata juga tubuh korban terpental. Dan korban mengalami luka bakar 5 derajat atau sekitar 2 persen," kata Basuki kepada IDN Times, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: Outbond di Kali Elo Magelang, Dua Santri Tenggelam

2. Tubuh Agus tidak ada yang diamputasi

Kesetrum Listrik, Petugas Baliho Terpental, Ditemukan Masih TersangkutAlodokter

Basuki menjelaskan Agus berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat oleh personel SAR. Ia memastikan tubuh korban tidak ada yang diamputasi. Saat dibawa ke RSUD Muntilan, katanya korban juga sadar sehingga langsung diberi pertolongan medis lebih lanjut.

"Walaupun kulitnya ada yang melepuh, tapi tidak ada anggota tubuhnya yang diamputasi. Korban juga sadar dan sekarang sedang dirawat di RSUD Muntilan," akunya.

3. Agus diketahui saat kejadian sedang mengelas baliho

Kesetrum Listrik, Petugas Baliho Terpental, Ditemukan Masih Tersangkutilustrasi (pixabay.com/mengelasIgor Ovsyannykov)

Terpisah, Kepala SAR Semarang, Heru Suhartanto menceritakan, kejadian yang dialami Agus terjadi pada Rabu jam 19.15 WIB. Saat itu Agus berkerja bersama dua rekannya untuk memperbaiki baliho.

"Saat itu Agus sedang mengelas rangka tapi tangan korban tidak sengaja menyentuh jaringan listrik. Dengan kejadian tersebut kita yang berkoordinasi dengan PLN akhirnya mematikan listrik sementara untuk mengevakuasi korban," bebernya.

Ia menambahkan, "Dengan berhasilnya evakusi maka operasi SAR dinyatakan selesai, terima kasih atas pelaksanaan evakuasinya selanjutnya tim yang terlibat kembali kesatuannya masing- masing."

Baca Juga: 4 Tewas Dibunuh Pakai Racun Sianida di Magelang, Cara Pelaku Terungkap

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya