Comscore Tracker

Kopassus Gadungan, Modal Celana Loreng Embat 3 Motor di Semarang

Mengaku ke korban anggota Kopassus Kandang Menjangan

Semarang, IDN Times - Berbagai cara dilakukan pencuri untuk melancarkan tipu muslihatnya. Malahan, ada juga maling yang cuma berbekal celana loreng untuk mengibuli korban. Seperti yang dilakukan Handoko, warga Semarang ketika beraksi di daerah Tambakboyo, Ambarawa, Kabupaten Semarang

1. Handoko mengaku anggota Kopassus Kandang Menjangan

Kopassus Gadungan, Modal Celana Loreng Embat 3 Motor di SemarangIlustrasi TNI. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Semula Handoko sengaja nongkrong di sebuah warung Jalan Tambakboyo. Berdasarkan kronologi yang disampaikan di Polrestabes Semarang, saat nongkrong di warung tersebut, bukannya membeli makanan, Handoko justru punya niatan buruk. 

Secara tak terduga Handoko meminjam sepeda motor milik pedagang warung itu. Untuk mengelabuhi korban, ia mengaku sebagai seorang anggota Kopassus.

Agar pedagang warung percaya dengan omongannya, Handoko memperkenalkan diri sebagai prajurit Kopassus bernama Om Sis.

"Saya bilangnya ke pemilik warung kalau bertugas di Kopassus Kandang Menjangan," kata Handoko saat dikeler petugas Polrestabes Semarang, Senin (25/10/2021). 

Baca Juga: Jual Satwa Dilindungi di Facebook, Warga Semarang Dibekuk

2. Handoko ngembat penjual warung

Kopassus Gadungan, Modal Celana Loreng Embat 3 Motor di SemarangIlustrasi maling (IDN Times/Mardya Shakti)

Tak sampai disitu saja, Handoko juga membohongi pemilik warung kalau dirinya berniat meminjam sepeda motor untuk keperluan mengambil uang di ATM terdekat. 

Lantaran termakan bujuk rayunya, pemilik warung kemudian meminjamkan motor kesayangannya kepada Handoko. 

"Di lokasi sebuah warung Tambakboyo inilah, korban yang tepedaya lalu melaporkan tindakan pencurian yang dilakukan Handoko. Karena motornya yang dipinjam tidak kunjung dikembalikan. Dipastikan motornya karena dibawa oleh Handoko," ujar Kasatreskrim Polrestabes Semarang, AKBP Donny Sardo Lumbantoruan.

3. Handoko beli celana loreng di Kauman Johar

Kopassus Gadungan, Modal Celana Loreng Embat 3 Motor di SemarangHandoko, pelaku pencurian berhasil ditangkap Polrestabes Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Di hadapan penyidik, Handoko mengaku bahwa dirinya sengaja menyamarkan namanya jadi Om Sis untuk mengelabuhi pemilik warung. Ia juga memakai celana loreng-loreng khas atribut Kopassus. Atribut yang ia pakai berupa celana loreng panjang. 

"Saya belinya di Kauman (Johar, Semarang)," terang Handoko. 

Hasil penyelidikan polisi, Handoko sudah menggondol tiga motor di sejumlah titik dengan cara yang sama. Kejadian di Tambakboyo pada 24 Agustus 2021 itu akhirnya diusut Polrestabes Semarang dengan melacak melacak keberadaan Handoko. 

4. Polisi jerat Handoko dengan pasal penggelapan

Kopassus Gadungan, Modal Celana Loreng Embat 3 Motor di SemarangFoto hanya ilustrasi. (safedepositfederation.com)

AKBP Donny menyatakan Handoko kini telah ditangkap dan dijerat pasal penggelapan. Handoko yang mengakunya Kopassus itu mencuri motor di Penggaron dan kampung dekat Supermarket Superindo Pedurungan Semarang. 

"Barang buktinya sudah diamankan. Berupa tiga motor, salah satuny Astrea Grand. Dan juga kita sita celana loreng berwarna hijau. Pelaku terancam penjara empat tahun dengan dikenai Pasal 372 dan Pasal 374," pungkasnya. 

Baca Juga: Dramatis! Duel Mbah Uban dan Ular Piton yang Teror Warga Semarang

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya