Kurir Ganja di Semarang Digerebek, Nyaris Diedarkan Pas Malam Tahun Baru

BNNP Jateng memburu satu orang lagi

Semarang, IDN Times - Seorang kurir ganja berinisial DAB digerebek aparat gabungan BNNP dan Bea Cukai Jawa Tengah di rumahnya Jalan Prambanan Raya, Kota Semarang. Aparat tak cuma menemukan ganja, melainkan juga tembakau gorila. 

Saat digerebek hari Jumat (22/12/2023) jam 16.00 WIB, DAB hampir saja menghilangkan barang bukti dengan membakar di belakang rumahnya. 

Baca Juga: BNN Jateng Ungkap 475 Wanita Terlibat Peredaran Narkoba Tahun Ini

1. Kaca rumah pelaku ditembak dua kali

Kurir Ganja di Semarang Digerebek, Nyaris Diedarkan Pas Malam Tahun Baru(Ilustrasi bandit pecah kaca) IDN Times/istimewa

Berdasarkan kronologi yang disampaikan BNNP Jawa Tengah, aparat bersama sekretaris RT lalu menindak tegas. Kaca rumah DAB ditembak dua kali agar aparat bisa masuk ke dalam rumah. 

"Dari hasil ungkap kasus narkotika dengan pelaku inisialnya DAB ini ditemukan ganja dan tembakau gorila yang akan diedarkan di Semarang dalam rangka menyambut tahun baru," kata Brigjen Pol Agus Rohmat, Kepala BNNP Jateng, Rabu (27/12/2023).

2. Aparat sita ganja dan tembakau gorila

Kurir Ganja di Semarang Digerebek, Nyaris Diedarkan Pas Malam Tahun BaruKepala BNN Jawa Tengah Brigjen Pol. Agus Rohmat saat di ruang Joko Kaiman, Selasa (21/11/2023). (IDN Times/Sutrisno).

Saat digeledah, aparat gabungan menyita paket ganja seberat 319,75 gram. Serta ada juga bungkusan ganja di dalam kamar sebanyak 11,20 gram. 

Selain itu masih ada tembakau gorila sebanyak 2,90 gram, timbangan digital, plastik klip dan telepon genggam. 

Agus mengaku personelnya mengendus adanya peredaran ganja di Semarang berdasarkan penelusuran dari jalur perdagangan narkoba wilayah Medan Sumatera Utara. Saat ditelusuri mendalam ditemukan indikasi ganja tersebut bakal diedarkan di Semarang. 

"Barang bukti ini dari jalur Medan Sumut ke Semarang," katanya.

3. Satu orang masih buron

Kurir Ganja di Semarang Digerebek, Nyaris Diedarkan Pas Malam Tahun BaruBNN Provinsi Jabar kunjungi sekolah (Dok. BNNP Jabar)

Berdasarkan kronologi BNN, DAB mengaku mendapat perintah menerima paket ganja dari seseorang berinisial Y. Y saat ini berstatus buronan BNN. 

"Kami masih berupaya maksimal melakukan pencegahan sekaligus pemberantasan narkotika. Dan sampai akhir tahun ini kerja keras untuk pemberantasan dalam rangka mengantisipasi momen akhir tahun dan menjelang 2024. Kegiatan pemeriksaan narkoba juga digiatkan di rumah kos, tempat hiburan. Dan wilayah pelabuhan, terminal dan tempat lain yang dicurigai sebagai sarana penyelundupan narkoba," tutur Agus. 

4. BNN Jateng sudah tangkap 28 pelaku pengedar narkoba

Kurir Ganja di Semarang Digerebek, Nyaris Diedarkan Pas Malam Tahun BaruUji sampel, barang bukti yang dibawa positif narkoba. (IDN Times/Teri).

Selama tahun ini, katanya aparat BNNP Jateng berhasil meringkus 28 pelaku dengan total penindakan sampai 25 kali.

Barang bukti yang berhasil disita hasil ungkap kasus di masing-masing kabupaten/kota berupa sabu sebanyak 1183,97 gram, ganja sebanyak 3,657,79 gram, ekstasi sebanyak 6,13 gram, tembakau gorila 9,79 gram. 

Dari hasil penindakan tersebut, Agus berkata pihaknya empat kali memusnahkan barang bukti. Jumlah keseluruhan yang dimusnahkan 1177,14 gram sabu dan 3,208,8 gram ganja. 

"Dari hasil ungkap kasus ganja dan sabu paling banyak transaksinya melalui medsos maupun jasa pengiriman dari luar Jateng. Sebenarnya kita sudah mengerahkan semua unit di udara laut darat namun upaya itu tidak bisa 100 persen menghilangkan narkoba karena garis pantai kita sangat luas. Perbatasan laut juga luas. Maka upayanya dengan menempatkan petugas di kantor-kantor unit bea cukai per daerah untuk melibatkan dalam kerjasama pemberantasan narkoba," kata Agus. 

Baca Juga: Gen Z Jateng Diajak Jadi Relawan Patroli Siber, Begini Tugasnya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya