Comscore Tracker

Mayat Terbakar di Marina Dipastikan Adalah ASN Bapenda yang Hilang

Mayat yang terbakar di Marina dipastikan Iwan Boedi

Semarang, IDN Times - Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar mengungkapkan mayat yang hangus terbakar di kawasan Pantai Marina merupakan tubuh Paulus Iwan Boedi Prasetijo, seorang ASN Bapenda Kota Semarang yang hilang 14 hari. 

Ia berasumsi bahwa dari penyelidikan di lapangan personelnya sudah menemukan sejumlah potongan tangan yang sudah menjadi tengkorak. 

"Kami berasumsi bahwa ini adalah saudara Iwan Boedi P," kata Irwan, Rabu (14/9/2022). 

Baca Juga: Polisi Ungkap ASN Bapenda yang Hilang Akan Diperiksa Kasus Korupsi Aset

1. Polisi temukan tulang lengan kiri dan tungkai milik Iwan

Mayat Terbakar di Marina Dipastikan Adalah ASN Bapenda yang HilangSisa tulang ditemukan Polrestabes Semarang. (IDN Times/bt)

Irwan berkata hari ini personelnya menemukan sisa tulang tengkorak yang menjadi bagian tubuh pada mayat yang ditemukan hangus terbakar. Tulang yang ditemukan berupa bentuk tangan, tulang lengan kiri, lengan kanan serta tungkai kanan.

Tim gabungan yang menemukan sisa tulang Iwan jumlahnya 100 orang. Ada juga SAR, Satpol PP, dan BPBD serta regu anjing pelacak. 

Tulang yang ditemukan polisi letaknya sekitar lima meter di padang rumput yang cukup tinggi. Proses pencarian membutuhkan konsentrasi dan ketelitian. 

2. Tulang yang ditemukan sudah terbakar

Mayat Terbakar di Marina Dipastikan Adalah ASN Bapenda yang HilangSisa tulang yang ditemukan Polrestabes Semarang. (IDN Times/bt)

Menurutnya asumsi yang ia sampaikan mengarahkan pada Iwan karena sesuai langkah-langkah penyelidikan terhadap riwayat hidupnya. 

"Yang ditemukan terbakar, walaupun tidak sempurna," ujarnya. 

3. Sisa tubuh lain bisa jadi dilempar pelaku

Mayat Terbakar di Marina Dipastikan Adalah ASN Bapenda yang HilangSejumlah aparat kepolisian menelisik lokasi terbakarnya mayat di Pantai Marina. (IDN Times/bt)

Menurutnya asumsi yang ia sampaikan mengarahkan pada Iwan karena sesuai langkah-langkah penyelidikan terhadap riwayat hidupnya. 

"Yang ditemukan terbakar, walaupun tidak sempurna," ujarnya. 3. Sisa tubuh lain bisa jadi dilempar pelaku.

Kemudian ia berkata dari asumsi kedua, saat pembakaran tidak sempurna kemudian pelaku membuang. Sisa tubuh lainnya belum ditemukan karena dibuang pelaku. "Bisa dibawa binatang liar atau dilempar oleh pelaku," paparnya. 

4. Polda Jateng: DNA mayat 100 persen identik dengan Iwan

Mayat Terbakar di Marina Dipastikan Adalah ASN Bapenda yang Hilangpexels.com/Edward Jenner

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy juga secara tegas memastikan hasil tes DNA mayat yang terbakar di Pantai Marina identik dengan sampel DNA yang diambil dari anak Iwan. 

"Hasil temuannya identik jadi 100 persen dipastikan bahwa kerangka tersebut adalah saudara Iwan," katanya dari keterangan resmi. 

5. Sebanyak 14 saksi sudah diperiksa. Termasuk tiga teman kerja Iwan

Mayat Terbakar di Marina Dipastikan Adalah ASN Bapenda yang HilangKabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy. (Dok Humas Polda Jateng)

Sampel DNA yang identik berupa tulang iga korban, tulang clavicula (enthong) yang cocok dengan sampel dua DNA anak laki-laki dan sampel DNA anak perempuan. 

Pihaknya berharap, kasus ini segera terungkap jelas dan penyebab kematian korban termasuk motifnya dapat diketahui. Soal penyebab kematian korban, katanya kepolisian masih melakukan investigasi. Tim Polrestabes dan Ditreskrimum Polda Jateng masih bekerja keras mengumpulkan berbagai keterangan dan bukti tambahan.

"Saat ini sudah 14 saksi yang sudah dimintai keterangan yaitu 8 dari keluarga korban, 3 rekan kerja dan tiga saksi di TKP," jelasnya. 

"Sementara untuk surat resmi hasil tes DNA dari Puslabfor Mabes Polri nanti akan kami serahkan pada keluarga. Lebih lanjut, kami dari Polda Jateng  turut berbela sungkawa atas meninggalnya almarhum," ujar Iqbal.

Baca Juga: Kepala Bapenda Semarang: Mayat yang Ditemukan Mengarah ke Pak Iwan

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya