Comscore Tracker

Napi Kedungpane Tidur Dempetan Susah Jaga Jarak, Pilihannya Divaksin

Ada ribuan napi Kedungpane yang disuntik vaksin COVID-19

Semarang, IDN Times - Sebanyak 1.543 narapidana di Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang disuntik vaksinasi COVID-19 secara bertahap mulai hari ini, Rabu (28/7/2021) dan Kamis (29/7/2021). Pemberian vaksin COVID-19 ditinjau langsung oleh Kapolda Jateng, Ahmad Luthfi, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono, Kabid Dokkes Polda Jateng.

1. Ribuan napi Kedungpane tidurnya sudah umpel-umpelan

Napi Kedungpane Tidur Dempetan Susah Jaga Jarak, Pilihannya Divaksin(Ilustrasi narapidana) IDN Times/Sukma Shakti

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah, A Yuspahruddin mengungkapkan penyuntikan vaksinasi kali ini jadi pilihan yang mutlak lantaran kondisi Lapas Kedungpane yang sudah overload.

Ia menyebut setiap narapidana yang tidur umpel-umpelan menjadikan aturan jaga jarak alias phycal distancing tidak bisa dilakukan di dalam lapas.

"Karena kita tidak bisa melakukan physical distancing atau menjaga jarak, karena tidurnya saja sudah berdempetan. Oleh karena itu, memang jalan satu-satunya adalah harus melakukan vaksinasi," akunya.

Baca Juga: Gempar! Kacang Goreng Berisi Sabu Diselundupkan di Lapas Kedungpane Semarang

2. Tim medis gabungan melakukan vaksinasi secara bertahap bagi napi Kedungpane

Napi Kedungpane Tidur Dempetan Susah Jaga Jarak, Pilihannya DivaksinKakanwil Kemenkumham Jateng, Pangdam Diponegoro dan Kapolda Jateng saat meninjau vaksinasi Lapas Kedungpane Semarang. (Dok Humas Kemenkumham Jateng)

Proses penyuntikan vaksinasi COVID-19 di Kedungpane, katanya dikerjakan secara sporadis. Bahkan tenaga kesehatan yang dilibatkan berasal dari tim gabungan Lapas Kedungpane, Lapas Wanita Kelas IIA Bulu Semarang, petugas Bidokkes Polda Jateng dan Kesdam IV Diponegoro.

3. Ratusan napi wanita juga akan divaksin

Napi Kedungpane Tidur Dempetan Susah Jaga Jarak, Pilihannya DivaksinLapas Bulu Semarang kebanjiran. Dok Humas Lapas Bulu Semarang

Di Lapas Wanita Bulu, pihaknya akan menggelar vaksinasi COVID-19 pada 30 Juli nanti. Ia menargetkan penyuntikan vaksinasi bisa menyasar 270 narapidana wanita.

Tak cuma itu saja, vaksinasi juga sudah digelar di 18 UPT lingkungan Kemenkumham Jateng. "Seluruh Lapas Rutan di Jawa Tengah ini over kapasitas. Oleh karena itu memang satu-satunya jalan ya vaksinasi," tuturnya.

Baca Juga: Penularan di Lapas, Sipir Kedungpane Antar Makanan Napi Pakai APD

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya