Nekat Terobos Jateng, 11.700 Pemudik Dipaksa Putar Balik Jabar, Jateng dan DIY

Gak ada penyekatan saat arus balik

Semarang, IDN Times - Lantaran nekat nyelonong masuk Jawa Tengah, sekitar 11.700 kendaraan pemudik dipaksa putar balik ke daerah asalnya. Mereka kedapatan melanggar protokol kesehatan termasuk tidak mengantongi surat keterangan kesehatan dari wilayah asalnya.

 

1. Sembilan hari larangan mudik ada belasan ribu pemudik diputarbalik

Nekat Terobos Jateng, 11.700 Pemudik Dipaksa Putar Balik Jabar, Jateng dan DIYIlustrasi petugas polisi menghalau pemudik. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyebut puluhan ribu pemudik itu kedapatan memasuki wilayahnya selama sembilan hari pemberlakuan larangan mudik dari tanggal 6-15 Mei 2021.

"Saat ini sudah sembilan hari operasi ketupat candi. Dan dari 14 pintu masuk wilayah Jawa Tengah, kita telah memerisa sebanyak 29.494 kendaraan pemudik. Hasilnya yang kita paksa putar balik mencapai 11.700 pemudik," kata Lutfhi ketika cek pos pengamanan Lebaran 1442 Hijriyah di Grobogan, Sabtu (15/5/2021).

Baca Juga: 632 Ribu Pemudik Terobos Jateng, Satu Orang Diketahui Positif COVID-19

2. Pemudik paling banyak dipaksa diputarbalik ke Jabar

Nekat Terobos Jateng, 11.700 Pemudik Dipaksa Putar Balik Jabar, Jateng dan DIYSejumlah pemudik motor melawan arah untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Ia menyatakan kendaraan pemudik yang diputarbalik ke Jawa Barat (Jabar) kurang lebih 7.000 unit, yang diputarbalik ke Jawa Timur (Jatim) sekitar 6.000 unit serta diputarbalik ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebanyak 4.000 unit.

Lutfhi bilang hari ini menjadi momentum terakhir penyekatan untuk arus mudik. Sehingga besok ketika masuk arus balik, pihaknya akan memberlakukan sejumlah aturan untuk memantau pergerakan kendaraan pemudik yang bertolak dari Jawa Tengah.

"Ini hari terakhir penyekatan arus mudik. Dan besok pas arus balik dari maupun keluar Jateng, kita imbau bagi yang lewat lokasi penyekatan dan yang balik ke Jakarta harus dilengkapi dengan kartu swab yang menunjukan hasik negatif COVID-19. Selain itu, yang pulang dari Jakarta juga harus punya kartu swab yang diterbitkan dari masing-masing wilayah DKI," tegasnya.

3. Kendaraan pemudik dilarang masuk tol saat arus balik

Nekat Terobos Jateng, 11.700 Pemudik Dipaksa Putar Balik Jabar, Jateng dan DIYRatusan pengendara sepeda motor dari arah Deli Serdang menuju Kota Medan menerobos jalan tol Sei Semayang-Medan dikarenakan jalan utama terendam banjir (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

Agar tidak terjadi penumpukan antrean di gerbang tol, pihaknya melarang kendaraan pemudik melintasi ruas jalan tol. Pemudik yang memiliki kendaraan sumbu tiga akan diarahkan masuk ke jalan raya.

"Kendaraan sumbu tiga nanti dilarang lewat tol. Masuknya ke arus bawahnya (jalan raya)," ujarnya.

Bagi para personelnya yang standby di Pospam ruas jalan tol, katanya akan dipindahkan ke lajur kiri guna menggencarkan imbauan bagi para pemudik.

"Mekanismenya tidak lagi diputarbalik. Tapi kita kelurkam imbauan untuk mentaati protokol kesehatan, surat kelengkapan kesehatan dan menjaga ketertiban selama berkendara," urainya.

Baca Juga: Kedatangan Penumpang KA di Jateng Naik 48 Persen Jelang Larangan Mudik

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya