Para Caleg Demokrat Jateng Diminta Pantau Rekapitulasi Suara Pakai Aplikasi Khusus

Demokrat pantau potensi pelanggaran

Semarang, IDN Times - Semua caleg Partai Demokrat Jawa Tengah diperintahkan untuk menggunakan aplikasi khusus bernama Sirekap untuk memonitor perolehan rekapitulasi suara usai masa coblosan di TPS. 

1. Gunakan aplikasi Sirekap

Para Caleg Demokrat Jateng Diminta Pantau Rekapitulasi Suara Pakai Aplikasi KhususBendahara Partai Demokrat Jateng Kholik Idris, Sekretaris Partai Demokrat Jateng Kartina Sukawati dan Ketua Partai Demokrat Jateng Rinto Subekti bersama jajaran pengurus DPD di sela pelatihan calon saksi TPS. (IDN Times/Dok Demokrat Jateng)

Menurut Ketua Badan Koordinasi Saksi Nasional (BKSN) Partai Demokrat, Andi Timo Pangerang, dengan memakai aplikasi Sirekap, maka dapat menyatukan kondisi tiap TPS. 

Selain itu, pergerakan perolehan suara juga bisa dideteksi terutama mengenai potensi pelanggaran yang muncul di masing-masing daerah. 

"Jumlah TPS di Jateng ada puluhan ribu, sangat banyak. Partai akan terus berkoordinasi untuk menjaga suara calon legislatif yang sudah bekerja dan  mendapatkan kepercayaan masyarakat. Sehingga suara yang diperoleh, benar-benar merupakan hasil akhir tanpa ada kecurangan sedikitpun," ujar Andi, Senin (18/9/2023). 

Baca Juga: Diterpa Badai Politik Elite Demokrat Ngaku Tetap Perjuangkan Perubahan

2. Saksi diminta laporkan pelanggaran di TPS

Para Caleg Demokrat Jateng Diminta Pantau Rekapitulasi Suara Pakai Aplikasi KhususKetua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah Rinto Subekti (kanan) saat membuka kegiatan pelantikan calon saksi TPS di Hotel Grand Candi Semarang. (IDN Times/Dok Demokrat Jateng)

Ia menjelaskan perlu membekali pelatihan calon saksi TPS di seluruh Indonesia. Peserta terdiri dari 5 trainer dari tiap DPC yang tersebar di 35 kabupaten/kota di Jateng. 

Setiap saksi juga dibekali kemampuan untuk berbicara saat ada pelanggaran di TPS. Mereka juga dibekali dengan pengetahuan tahapan apa saja yang rawan terjadi pelanggaran.

“Jika ada yang tidak sesuai aturan, maka Saksi harus berani menyampaikan. Hal-hal yang terjadi di TPS ini kemudian wajib dilaporkan pada badan Saksi melalui aplikasi yang sudah dibuat oleh Partai Demokrat,” jelasnya.

Untuk pembekalan saksi, sangat penting untuk berada di TPS sebagai mata dan telinga dari partai. 

3. Bidik menargetkan perolehan 13 kursi di DPRD Jateng

Para Caleg Demokrat Jateng Diminta Pantau Rekapitulasi Suara Pakai Aplikasi KhususKetua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah Rinto Subekti saat membuka kegiatan pelantikan calon saksi TPS di Hotel Grand Candi Semarang. (IDN Times/Dok Demokrat Jateng)

Ketua Demokrat Jateng, Rinto Subekti meminta satu TPS ada satu Saksi. Tapi tidak menutup kemungkinan akan menambah satu Saksi lagi yang ditempatkan di luar TPS.

Di Jawa Tengah partainya memiliki target untuk menempatkan 13 kader di DPRD Jateng pada Pemilu 2024 atau satu orang di satu daerah pemilihan (Dapil). “Jumlah itu meningkat jika dibandingkan jumlah kursi yang dimiliki saat ini, 5 kursi,” katanya.

Baca Juga: AMPG Jateng Ikuti Perintah Airlangga Hartarto, Bakal Menangkan Prabowo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya