Pengemudi Lewat Perbatasan Jateng Dicegat, Wajib Tunjukan Kartu Vaksin

Mulai besok 71 jalur perbatasan yang dilakukan penyekatan

Semarang, IDN Times - Puluhan titik jalur perbatasan di 35 kabupaten/kota Jawa Tengah bakal dilakukan penyekatan mulai akhir pekan besok demi memperketat pengawasan terhadap para pengguna jalan yang belum divaksinasi COVID-19.

1. Ada 71 jalur perbatasan bakal disekat mulai akhir pekan besok

Pengemudi Lewat Perbatasan Jateng Dicegat, Wajib Tunjukan Kartu VaksinPemerintah larang mudik, petugas berjaga di salah satu wilayah Banten untuk mengawasi pemudik. ANTARA FOTO/Fauzan

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Rudy Safirudin mengungkapkan terdapat 71 jalur perbatasan yang bakal disekat oleh personelnya pada Jumat dan Sabtu besok.

"Kalau di jalur perbatasan kabupaten/kota dan provinsi kami dirikan pos penyekatan. Dan ada juga di tol sifatnya mobile. Ada 12 rest area yang nantinya dilakukan penyekatan. Kita bergerak untuk memeriksa pengguna jalan yang belum disuntik vaksin COVID-19," akunya, Kamis (26/8/2021).

Baca Juga: Ganjar Anggap Aplikasi Peduli Lindungi yang Dipasang di Mal Bikin Ribet

2. Setiap pengemudi akan diperiksa lewat aplikasi Peduli Lindungi

Pengemudi Lewat Perbatasan Jateng Dicegat, Wajib Tunjukan Kartu VaksinANTARA/Arindra Meodia

Proses penyekatan akan berlangsung hingga waktu yang belum ditentukan. Ia menyebutkan saat akhir pekan banyak pengguna kendaraan yang masuk ke Jateng untuk berlibur maupun mengunjungi sanak saudara. Kondisi tersebut justru memicu risiko penularan COVID-19 yang semakin merebak.

Untuk itulah, menurutnya pengemudi truk dan mobil yang keluar masuk ke Jawa Tengah bakal diperiksa melalui aplikasi Peduli Lindungi. 

3. Polisi jamin penyekatan tidak untuk penindakan

Pengemudi Lewat Perbatasan Jateng Dicegat, Wajib Tunjukan Kartu VaksinIlustrasi anggota polisi yang melakukan penyekatan penutupan obyek wisata di PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Pihaknya pun menjamin pengemudi yang belum divaksin tidak akan diputar balik. Mereka nantinya hanya akan diarahkan ke Polres terdekat untuk dilakukan vaksinasi.

"Kalau belum divaksin akan kami arahkan. Polres-polres kan banyak yang menyediakan vaksin. Kan juga banyak gerai-gerai vaksin. Penyekatan saat akhir pekan tujuannya bukan penindakan. Ini lebih membantu percepatan vaksinasi," kata Rudy.

Baca Juga: PPKM Level 3 Picu Euforia, Kepala Daerah di Jateng Balapan Adakan PTM

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya