Perjalanan Pulang, Hermanto Dardak Ayah Wagub Jatim Kecelakaan di Tol Batang

Hermanto Dardak habis datang ke acara kampus USM Semarang

Semarang, IDN TImes - Mantan Wakil Menteri PUPR, Hermanto Dardak mengalami kecelakaan ketika perjalanan pulang ke Jakarta. Hermanto yang notabene ayahanda Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak itu meninggal dunia setelah mobil Inova yang ditumpanginya menabrak truk Hino di ruas jalan tol Batang tepatnya di lajur KM 341+400 Jalur B. 

Kecelakaan yang dialami Hermanto Dardak terjadi Sabtu pagi (20/8/2022) jam 03.25 pagi tadi. Mobil Innova nopol B 2739 UFZ yang ditumpangi Hermanto Dardak remuk pada bagian depan. Bahkan pada bagian kursi penumpangnya juga ringsek. 

1. Polisi lakukan olah TKP

Perjalanan Pulang, Hermanto Dardak Ayah Wagub Jatim Kecelakaan di Tol BatangKondisi mobil yang dinaiki Hermanto Dardak ringsek. (Dok Humas Polda Jateng)

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan memang ada kecelakaan yang terjadi di Tol Batang pagi tadi. 

"Benar kejadian tersebut. Dan saat ini tim laka lantas baru olah TKP. (Korban) kalau tidak salah ortu nya Emil Dardak," ujar Iqbal dalam pesan yang disampaikan lewat WhatsApp.

Baca Juga: Kisah Hermanto Dardak, Dari Wamen PUPR Kini Jadi Dewan Penyantun Yayasan Undip

2. Mobil yang dinaiki Hermanto Dardak melaju kecepatan 100 kilometer per jam

Perjalanan Pulang, Hermanto Dardak Ayah Wagub Jatim Kecelakaan di Tol BatangMobil yang dinaiki Hermanto Dardak remuk di Tol Batang. (Dok Humas Polda Jateng)

Kecelakaan yang melibatkan mobil yang ditumpangi Hermanto Dardak ketika cuaca di Tol Batang terlihat cerah. Arus lalu lintas juga landai. Kontur jalan di lokasi kejadian menikung ke kanan dan mendatar. 

Dari kronologi yang disampaikan Polda Jateng, mobil Innova melaju dengan kecepatan 100 kilometer per jam saat melintasi Tol Batang. 

3. Sopir Innova mengantuk

Perjalanan Pulang, Hermanto Dardak Ayah Wagub Jatim Kecelakaan di Tol BatangIlustrasi Mengantuk. IDN Times/Mardya Shakti

Polisi menduga sopir mobil Innova bernama Angga Saputra mengantuk sehingga mobilnya langsung menghantam bemper belakang truk Hino. 

Untuk kondisi truk Hino berada di bahu luar dan rusak ringan pada bemper belakang. 

"Sesampainya di lokasi kejadian, pengemudi Innova mengalami mengantuk sehingga menabrak bagian belakang truk Hino nopol K 1909 BH yang berada di depanya. Posisi akhir Innova berada diantara lajur 2 dan lajur 1. Berdiri normal menghadap ke selatan. Mengalami kerusakan berat di bagian depan dan samping kiri," begitu keterangan kronologi yang disampaikan Polda Jateng. 

4. Hermanto Dardak semalam menghadiri acara peluncuran buku

Perjalanan Pulang, Hermanto Dardak Ayah Wagub Jatim Kecelakaan di Tol BatangHermanto Dardak saat menerima buku biografi Soehasojo. (IDN Times/bt)

Syaiful Hadi, Humas Universitas Semarang membenarkan bahwa Hermanto Dardak meninggal dunia dalam kecelakaan tadi pagi. 

Hermanto diketahui pulang ke Jakarta setelah semalam suntuk menghadiri acara peluncuran buku biografi Soehasojo karya Amir Machmud di Auditorium USM Jalan Arteri Soekarno-Hatta, Semarang. 

"Iya mas tadi jam 4. Habis dari USM tadi malam," kata Ipul kepada IDN Times

5. Hermanto Dardak merupakan Dewan penyantun USM

Perjalanan Pulang, Hermanto Dardak Ayah Wagub Jatim Kecelakaan di Tol BatangMenkopolhukam Mahfud MD dan Hermanto Dardak saat resmi dilantik menjadi Dewan Penyantun Yayasan Undip. (Dok Humas USM)

Hermanto Dardak merupakan sosok yang tak asing bagi kalangan insinyur di Indonesia. Dia merupakan kerja umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) tahun 2018. Hermanto juga terpilih menjadi Dewan Penyantun USM yang bernaung di bawah Yayasan Undip. 

"Beliau dewan penyantun USM," kata Ipul lagi. 

Ketika menghadiri acara peluncuran buku biografi Soehasojo, Hermanto masih sempat memberikan pernyataan di atas panggung. Hermanto Dardak bersama tokoh lainnya juga berkesempatan menerima buku biografi Soehasojo. 

"Anaknya Pak Dardak Wagub Jatim. Beliau juga ikut hadir di USM dan berdiri sama di panggung menerima buku," terangnya. 

Baca Juga: USM Rangkul 212 Peneliti Asing untuk Atasi 4 Masalah Krusial di Jateng

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya