Comscore Tracker

Pesan Habib Umar bin Hafiz Saat Ceramah di Hadapan Ulama di Unissula

Imbau umat muslim pelajari teknologi dengan roh Islam

Semarang, IDN Times - Ulama berpengaruh dari Yaman, Habib Umar bin Hafidz menghadiri rangkaian pengajian akbar di Semarang, pada Rabu (25/9). 

Saat menyambangi Kampus Univeristas Sultan Agung Semarang (Unissula), Habib Umar memberikan ceramah di hadapan 2.000 habaib dan sekitar 1.000 masaikh yang datang dari berbagai penjuru daerah. 

Habib Umar menyatakan bahwa seagung agung perjanjian merupakan perjanjian antara umat Islam dengan Allah SWT. Tidak akan memperoleh kebahagiaan yang sesungguhnya bagi siapapun yang tidak menghubungkan dirinya dengan kalimat 'Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan tidak ada sekutu bagi-Nya'.

"Seungguhnya Allah akan memberi petunjuk bagi siapapun yang dikehendaki-Nya dan bagi yang menempuh jalan yang diridoinya," kata Habib Umar dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (26/9). 

1. Habib Umar ingatkan guru agama memperdalam ajaran Islam dengan utuh

Pesan Habib Umar bin Hafiz Saat Ceramah di Hadapan Ulama di UnissulaANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Dalam ceramahnya yang ditayangkan di kanal YouTube Unissula, IDN Times menukil sejumlah pesan disampaikan Habib Umar bagi para ulama yang hadir di Auditorium kampus tersebut. 

Beberapa pesannya seperti mengingatkan kepada para guru agama Islam supaya memperdalam ajaran Islam dengan seutuhnya. 

Setiap guru, ujarnya lebih baik menularkan setiap ilmunya kepada masyarakat sesuai syariat Islam. 

"Untuk setiap guru-guru mata pelajaran Islam, untuk mempengaruhi agar mereka menjalankan apa yang telah diperintahkan sesuai syariat Islam. Maka jika mereka yang secara khusus memperdalam kitab khusus dari Allah, maka mereka adalah para ulama," tuturnya. 

Baca Juga: Mengenal Unissula, Kampus Islam yang Terinspirasi Perjuangan Raja Mataram

2. Perkembangan teknologi juga harus dipelajari dengan mengedepankan ajaran Islam

Pesan Habib Umar bin Hafiz Saat Ceramah di Hadapan Ulama di UnissulaIDN Times/Istimewa

Tak cuma itu, Habib Umar juga mengingatkan agar umat Islam bisa mempelajari perkembangan teknologi dengan menonjolkan roh dari ajaran Islam. 

"Maka nantinya menjadi kesempurnaan apabila disambungkan dengan roh Islam maka kita terbebas dari pengaruh pengetahuan yang lain," ungkapnya. 

Baca Juga: Kejar Pertumbuhan Ekonomi 7 persen, Jateng Kembangkan Sekolah Vokasi

3. Kehadiran Habib Umar memperteguh visi Unissula

Pesan Habib Umar bin Hafiz Saat Ceramah di Hadapan Ulama di UnissulaIDN Times/Fariz Fardianto

Di sisi lain, Pelaksana Harian Rektor Unissula Drs Bejdo Santoso MT PhD menyampaikan rasa bahagianya Unissula dipercaya menjadi tempat penyelenggaraan multaqo ulama internasional ke-13 yang dilaksanakan bekerjasama dengan Almuasholah.

Bedjo menuturkan Unissula Semarang telah mencapai tahapan terakreditasi institusi A dan masuk dalam 80 universitas terbaik dari lebih 4.000 universitas di Indonesia. 

Dengan kualitas semangat berjamaah, pengembangan manajemen Islami dan pembudayaan gerakan mahabah, pihaknya optimisis kampusnya akan semakin berkontribusi positif terhadap pembangunan Indonesia. 

“Kehadiran ulama di Unissula menjadi penting karena Unissula yang mengusung visi besar membangun generasi khaira ummah. Sehingga membutuhkan banyak doa, banyak nasihat, dan pemikiran dari para ulama. Terlebih ulama adalah pewaris Nabi Muhammad SAW yang bisa menyelesaikan banyak permasalahan umat," paparnya. 

Baca Juga: Kuliah di UNISSULA Semarang? Kamu Pasti Paham Hal-Hal Ini

4. Multaqo ulama internasional ke-13 di Unissula juga dihadiri Wagub Jateng

Pesan Habib Umar bin Hafiz Saat Ceramah di Hadapan Ulama di UnissulaIDN Times/Oetoro Aji

Sementara itu Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen mengapresiasi acara multaqo ini. Baginya kehadiran 2.000 ulama dan 1.000 masaikh kali ini menjadi penting bukan hanya bagi Unissula namun juga bumi Jawa Tengah. 

"Semoga dengan acara ini mendapatkan berkah dan kita dijaga oleh Allah SWT” ungkap Taj Yasin. 

Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Hasan Toha Putra, menyampaikan bahwannya acara tersebut merupakan momentum ukhuwah islamiah. Ini, katanya jadi kehormatan tersendiri bagi Unissula.

Terlebih lagi, ia menambahkan Unissula merupakan sebuah universitas yang dibangun dan digagas oleh ulama, pengusaha dan militer. 

Baca Juga: Rencana Tarif Cukai Naik, Wagub Jateng Minta Tak Dikaitkan Dengan PHK

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Just For You