Comscore Tracker

Polda Jateng Adang Pemudik di 7 Titik untuk Tekan Penularan COVID-19

Titik itu tersebar di Pantura Barat dan Pantura Timur

Semarang, IDN Times - Aparat gabungan Polda Jawa Tengah melakukan razia serentak guna mengadang para pemudik selama masa pandemik virus corona (COVID-19). Pengadangan dilakukan di jalur Pantura Barat dan Pantura Timur.

1. Penyekatan di 3 titik di Pantura Barat dan 4 titik Pantura Timur

Polda Jateng Adang Pemudik di 7 Titik untuk Tekan Penularan COVID-19Dok. Humas Polres Kebumen

Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelda Daniel menegaskan ada tujuh akses masuk pemudik yang saat ini telah dilakukan penyekatan.

"Saat ini pola kita ubah semua. Kita sekarang lagi gencar-gencarnya lakukan penyekatan. Sudah ada tujuh titik yang kita sekat demi keselamatan masyarakat Jawa Tengah dalam menghadapi penularan virus Corona," kata Rycko dalam video singkat yang diterima IDN Times, Rabu (29/4).

Ia mengatakan ketujuh titik yang disekat oleh petugasnya yaitu tersebar di tiga lokasi di pintu masuk sebelah barat Jawa Tengah dan sisanya atau empat titik tersekat di Pantura Timur. 

Baca Juga: Mudik Dilarang Hari Pertama, Kepadatan Jalan Tol Berkurang Separuh

2. Polisi juga halang pemudik di jalan tol

Polda Jateng Adang Pemudik di 7 Titik untuk Tekan Penularan COVID-19Penurunan traffic di jalan tol selama penerbang PSBB. Dok. Kementerian PUPR

Rycko menekankan penyekatan akses masuk dilakukan di semua jalur Pantura, termasuk di ruas gerbang jalan tol dan Majenang di sisi selatan Jateng. 

"Ada tujuh titik yang sudah kita sekat. Mulai dari tiga pintu masuk di barat dan empat di timur Pantura. Termasuk semua ruas jalur Pantura, jalan tol dan dari Kabulaten Majenang," terangnya. 

3. Kapolda adang pemudik kembali ke tempat asalnya

Polda Jateng Adang Pemudik di 7 Titik untuk Tekan Penularan COVID-19Menjelang arus mudik libur Natal dan Tahun Baru, para awak bus di Terminal Besar Kota Tegal, diperiksa kesehatannya, Selasa (17/12) siang. IDN Times/Haikal Adithya

Selain itu, Polda Jateng juga mendirikan pos pemantau pemudik di tiap kabupaten/kota. Setiap pemudik yang datang dari Jakarta atau wilayah zona merah, diwajibkan untuk cek kesehatannya.

"Kita cek kesehatan para pemudik. Lalu kita halau kembali ke tempat asalnya. Untuk itulah, kita sudah terjunkan tim Brimob," terangnya. 

Sambil menggelar rangkaian operasi selama COVID-19, petugas kita membuat 11 dapur umum mobile dan 35 dapur umum stationer di beberapa daerah di Jawa Tengah.

Baca Juga: Sulit Akses Kartu Pra Kerja, Buruh Jateng Minta Bantuan Langsung Tunai

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya