Pria Bule Terjaring Razia Masker di Semarang, Cuma Ditegur Polisi

William buru-buru saat antar istrinya

Semarang, IDN Times - Seorang pria berkewarganegaraan Amerika Serikat terjaring razia masker saat sedang berpergian di Kota Semarang. William, nama pria bule tersebut mengaku lupa tak memakai masker saat sedang mengantarkan istrinya ke wilayah Pedurungan.

1. Seorang pria bule diketahui boncengan naik motor tanpa pakai masker

Pria Bule Terjaring Razia Masker di Semarang, Cuma Ditegur PolisiMasyarakat yang enggan memakai masker dihukum push up oleh Tim Terpadu Monitoring Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang) dalam razia yang digelar Jumat 18 September 2020 malam. (dok Humas Sumut)

Kejadian sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi bermula tatkala para petugas gabungan dari aparat kepolisian menggelar operasi yustisi di depan Puskesmas Rowosari, Jalan Prof Soeharso, Meteseh Kecamatan Tembalang.

Saat itu petugas memergoki William berboncengan naik motor dengan istrinya melewati ruas Jalan Prof Soeharso. Tak lama kemudian, beberapa polisi menghentikan kendaraannya.

"Saat dihentikan motornya, ada satu pria bule yang tidak memakai masker. Dia ngakunya tidak pakai masker karena buru-buru nganterin istrinya ke Pedurungan. Dia bilangnya bawa masker tapi dikantongi di celananya," kata Kapolsek Tembalang, Kompol Mas'ud saat dikonfirmasi, Jumat (27/11/2020).

Baca Juga: Razia Masker Menyasar Kampung di Semarang, Ngeyel Siap-siap Rapid Test

2. William sudah dua tahun tinggal di Semarang dan punya istri warga lokal

Pria Bule Terjaring Razia Masker di Semarang, Cuma Ditegur PolisiIstimewa

Dari informasi yang ia peroleh, William tercatat sudah tinggal dua tahun di Perumahan Dinar Elok Tembalang. Pria tersebut ternyata memperistri wanita lokal di Semarang selama bekerja di salah satu perusahaan swasta. 

Meski demikian, ia menyebutkan perilaku pria bule tersebut telah melanggar Perwal Kota Semarang Nomor 57 tahun 2020 terkait aturan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) Dalam Rangka Pecegahan dan Pengendalian  COVID-19.

3. Kapolsek Tembalang: Kita cuma beri teguran soalnya dia punya SIM Internasional

Pria Bule Terjaring Razia Masker di Semarang, Cuma Ditegur PolisiIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ia mengaku tak bisa menjatuhkan sanksi kepada pria bule tersebut karena ia beralasan masih sebatas memberikan teguran lisan. William akhirnya diberikan selembar masker dan diizinkan meneruskan perjalanannya.

"Ya kita berikan teguran lisan dulu. Kita kasih peringatan aja. William kan memiliki SIM Internasional sehingga saat berkendara dia tidak kami tilang," akunya.

Ia pun mengingatkan kepada William agar mematuhi aturan protokol kesehatan selama berpergian bersama istrinya. 

Ia menyatakan selain William, terdapat belasan pengendara motor lainnya yang terjaring razia. "Kita juga bagikan masker ke mereka. Kita minta protokol COVID-19 harus ditingkatkan terutama memakai masker saat berkendara motor," tandasnya.

Baca Juga: Pabrik Hygeia Semarang Keok Bisnis Minuman Limun sampai Minyak Orbolin

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya