Proyek PSN Jateng Kekurangan Material, Polisi Lobi Dinas ESDM

PSN membutuhkan bahan baku bebatuan

Semarang, IDN Times - Berbagai jenis proyek strategis nasional (PSN) di Jawa Tengah saat ini mengalami hambatan. Sebab, tak sedikit kegiatan yang masuk daftar PSN yang kekurangan sumber bahan baku untuk kebutuhan materialnya. 

1. Ditreskrimsus sedang nego Dinas ESDM biar PSN tetap lancar

Proyek PSN Jateng Kekurangan Material, Polisi Lobi Dinas ESDMGubernur Jateng Ganjar Pranowo menyambut Presiden Jokowi di Bandara JB Sudirman Purbalingga. Dok Humas Pemprov Jateng

Seperti yang diungkapkan Kasubdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Jateng, AKBP Robert Sihombing, personelnya sedang mengurus sejumlah perizinan supaya PSN di Jawa Tengah tetap bisa berjalan sesuai rencana yang dipatok Presiden Jokowi. 

"Karena otomatis memang kurang materialnya. Harus ada yang mendukung supaya bisa lancar. Kami juga lagi kerja sama dengan ESDM (Dinas ESDM) supaya PSN ini bisa berjalan," jelasnya, Jumat (10/2/2023). 

Baca Juga: Rusak Kawasan Konservasi, Balai TNGM Diminta Tutup Tambang Ilegal di Magelang

2. Ada surat sakti bernama SIPB

Proyek PSN Jateng Kekurangan Material, Polisi Lobi Dinas ESDMLubang Tambang Ilegal di TN Bogani Nani Wartabone (Dok. KLHK)

Lebih lanjut, lobi-lobi dengan Dinas ESDM perlu dilakukan demi mencari jalan keluar agar kebutuhan material mencukupi. Robert menjelaskan saat ini sedang diajukan izin yang bernama Surat Izin Penambangan Bebatuan (SIPB). 

3. Pakai SIPB bisa percepat proses PSN

Proyek PSN Jateng Kekurangan Material, Polisi Lobi Dinas ESDMFoto udara bendungan Kuwil Kawangkoan berlatar Gunung Klabat di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu (18/01/2023). Bendungan Kuwil menampung 23 juta meter kubik air tawar yang mengalir dari anak sungai Danau Tondano, serta berfungsi untuk penyediaan air baku, potensi pengembangan energi listrik, serta menjadi destinasi wisata. (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

Menurutnya dengan menggunakan dokumen SIPB bisa mencari kebutuhan material untuk PSN selama tiga tahun. Di samping itu, penggunaan SIPB juga mampu mempercepat prosesnya. 

"Makanya sekarang ada SIPB (surat izin penambangan batuan), kerja sama dengan PSN. Izinnya cuma tiga tahun. Kalau izin yang biasa bisa sampai lima tahun. Kalau PSN bisa selesai tiga atau di bawah tiga tahun kita sarankan dia menggunakan SIPB. Jadi bisa cepat prosesnya. Namun tidak diketahui dimana kendalanya, kok sulit izinnya, mungkin ada administrasi yang harus diurus setelah keluar SIPB-nya," ujar Robert. 

Berkaitan dengan pelaksanaan PSN di Jateng dan DIY, katanya, pekerjaan tersebut untuk kebutuhan pembangunan jalan tol, bandar udara, bendungan, kereta, kawasan industri, energi dan sanitasi air bersih. 

4. Ada 500 tambang berstatus ilegal

Proyek PSN Jateng Kekurangan Material, Polisi Lobi Dinas ESDMLokasi tambang ilegal di Desa Kemiren Srumbung Magelang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sedangkan, Manager Advokasi Kampanye Walhi Jateng, Iqbal Alma Gofani menganggap bahwa kegiatan PSN menimbulkan persoalan di bidang pertambangan ilegal. Para pelaku tidak akan menambang bila tak punya pasar untuk menjual. 

"Apalagi jika dari penglihatan kami, tambang ilegal Jateng bisa sampai 500-an titik dan luasnya bervariasi. Ini gak bakal menambang kalau gak punya pasar untuk menjual material," akunya. 

Baca Juga: Jateng Bentuk Tim Terpadu, Tambang Ilegal Lereng Merapi Ditutup Polisi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya