Pulang Dari Bali, Warga Semarang Cek Kesehatan di RSJ

RSJ Amino merupakan posko siaga Covid-19

Semarang, IDN Times - Para dokter dan perawat di RSJ Amino Gondohutomo Semarang ikut menanggulangi penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19. Proses pemeriksan dilakukan gratis bagi warga yang ingin mendapat pengecekan suhu tubuh.

1. RSJ sediakan cek suhu tubuh, batuk kering, sesak napas

Pulang Dari Bali, Warga Semarang Cek Kesehatan di RSJPetugas melakuakan pengecekan suhu tubuh pengunjung The Great Asia Africa sebelum masuk area wisata, Kamis (12/3). (IDN Times/Bagus F)

Direktur Utama RSJD Amino Gondohutomo, Alek Jusran menyatakan posko siaga Covid-19 telah dibuka di rumah sakitnya sejak Senin (16/3) kemarin. 

Pihaknya menyediakan sejumlah tenaga medis untuk mengecek masyarakat yang mengalami demam, batuk kering, sesak nafas, suhu di atas 35 derajat.

"Posko untuk masyarakat umum, gratis. Kita sediakan tenaga dokter, perawat, dan penunjang atasi indikasi Covid-19. Yang habis bepergian dari daerah yang terdampak kasus Corona juga harus mendatangi posko di RSJ," ujarnya, Kamis (19/3).

Baca Juga: Korban Kecanduan Game Makin Marak, Sebulan RSJ Amino Rawat 3 Anak  

2. Pihak RSJ buka posko siaga Covid-19 lima hari

Pulang Dari Bali, Warga Semarang Cek Kesehatan di RSJPemeriksaan suhu tubuh karyawan PT Pertamina (Persero) (Dok. Pertamina)

RSJ Amino, ujarnya merupakan satu dari tujuh rumah sakit sebagai rujukan pasien virus Corona. Posko beroperasi setiap hari kerja pukul 09.00-12.00 WIB. Pada Jumat pukul 09.00-11.00 WIB.

Bila ternyata memang mencurigakan, pihaknya akan melakukan swab tenggorok untuk penegakan diagnosis pasti corona. 

"Bila kami menemukan ada seseorang yang gejalanya mengarah ke sana akan dibawa ke salah satu rumah sakit itu. Akan kita bawa dengan ambulans yang dilengkapi APD," paparnya.

3. Warga yang habis dari Bali juga ikut cek kesehatan di RSJ

Pulang Dari Bali, Warga Semarang Cek Kesehatan di RSJTahapan kondisi pasien virus corona dari hari ke hari (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan data dari RSJ Amino, diakuinya bahwa saat hari pertama ada 25 warga, hari kedua 53 orang, hari ketiga 125 orang, dan hari keempat sekitar 137 orang. 

Seorang warga setempat, Nurani Yuliati (39) mengaku sudah mendapat arahan dari Kelurahan Sendangguwo untuk cek kesehatan di Posko Siaga RSJ. "Demi kesehatan bersama, saya lakukan saja. Soalnya saya juga habis dari Bali," kata warga Gemah Permai Regency Semarang ini.

Baca Juga: Waspadai Virus Corona, Ketua Gugus Minta Tahbisan Uskup Ruteng Ditunda

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya