Ribuan Polisi Jateng Semprot Disinfektan ke 1200 Titik, Cegah COVID-19

Polda juga melibatkan TNI dan Damkar

Semarang, IDN Times - Ribuan aparat kepolisian diterjunkan di berbagai titik di Jawa Tengah untuk menggalakkan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) di tiap daerah. 

1. Penyemprotan disinfektan melibatkan TNI/Polri dan Damkar serentak mulai hari ini

Ribuan Polisi Jateng Semprot Disinfektan ke 1200 Titik, Cegah COVID-19Dok.IDN Times/Istimewa

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutrisna mengatakan total ada 7.325 personel kepolisian yang dikerahkan untuk menyemprotkan disinfektan di sejumlah daerah. 

"Kita lakukan serentak bersama tim Damkar, TNI dan unsur relawan serta masyarakat sekitarnya," kata Iskandar kepada IDN Times, Selasa (31/3). 

Baca Juga: Antisipasi Kerawanan Pilkada 2020, Polda Jateng Gelar Patroli Siber

2. Ada 1.200 lokasi yang disemprot disinfektan

Ribuan Polisi Jateng Semprot Disinfektan ke 1200 Titik, Cegah COVID-19Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan muda mudi (IDN Times/ istimewa)

Proses penyemprotan, katanya dilakukan khusus untuk gedung-gedung bertingkat, rumah-rumah dan perkampungan padat penduduk. 

Lebih lanjut, ia menekankan bahwa ada 1.200 lokasi yang disemprot disinfektan. Iskandar mengklaim personelnya sudah diminta untuk menghindari penyemprotan yang mengenai tubuh manusia. 

"Kita sudah imbau bahwa jangan ada disinfektan yang kena ke tubuh. Mulai hari ini, personel kita ada 7.325 orang yang diterjunkan. Lokasinya ada 1.200 titik," bebernya. 

3. Belasan titik di Semarang juga disemprot disinfektan. Terutama di daerah zona merah

Ribuan Polisi Jateng Semprot Disinfektan ke 1200 Titik, Cegah COVID-19Twitter

Sedangkan di Semarang, informasi yang diperoleh penyemprotan disinfektan dikerjakan di jalan-jalan protokol. Mulai ruas Bundaran Simpang Lima, Jalan Palawan, Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol. 

Lanjut di Jalan Ahmad Yani, Pedurungan, Jalan MT Haryono, Jalan Dr Cipto, Jalan Peterongan dan depan Java Mal.

Tak luput pula penyemprotan disinfektan dilakukan di Polrestabes Semarang, Bandara lama Ahmad Yang, Krapyak, Kalibanteng. Terdapat lima wilayah zona merah di Semarang juga disemprot disinfektan. Yaitu Kelurahan Kuningan, Krobokan, Talangsari, Manyaran, Kembangsari, Ramunharjo, Randusari, Gajahmungkur dan Candisari. 

4. Damkar ikut semprot disinfektan ke Balaikota sampai MAJT

Ribuan Polisi Jateng Semprot Disinfektan ke 1200 Titik, Cegah COVID-19Ilustrasi (ANTARA FOTO/Olha Mulalinda)

Menurut Kabid Operasional Damkar Kota Semarang, Trijoto Poejo Sakti, personelnya ikut turun menyemprotkan disinfektan. 


"Ada 24 personel dengan enam unit mobil Damkar. Itu terbagi dua regu ke Simpang Lima dan sekitarnya. Empat regu ke rute Balaikota sampai MAJT," pungkasnya. 

Baca Juga: Water Canon dan Damkar Dikerahkan Semprot Disinfektan ke Jalanan Kudus

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya