Comscore Tracker

Ribuan TKI Dari 10 Negara Mudik ke Jateng, Dijemput Petugas Kesehatan

Para TKI juga diperiksa ketat

Semarang, IDN Times - Selama awal bulan Mei 2020, ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) dipulangkan dari berbagai negara. Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Semarang mencatat per 8 Mei kemarin, sudah ada 1.257 TKI yang dipulangkan via jalur laut dan melalui bandar udara. 

1. Para TKI dipulangkan dari Bandara Soekarno-Hatta, Semarang dan Yogyakarta

Ribuan TKI Dari 10 Negara Mudik ke Jateng, Dijemput Petugas KesehatanIlustrasi Secure Bag di Bandara Soekarno-Hatta (Dok. Istimewa)

Kepala BP3TKI Semarang, Abe Rachman menuturkan proses pemulangan para pejuang devisa itu dilakukan dari tiga daerah sekaligus. Yaitu Bandara Soekarno-Hatta, Semarang dan Yogyakarta. 

"Pemulangan TKI per sudah ada 1.257 orang. Mereka ada yang dari Amerika Serikat, Italia, Maladewa, Timor Leste, Hongkong, Taiwan, Singapura, Malaysia, Spanyol dan Korea Selatan," kata Abe kepada IDN Times, Kamis (14/5).

Baca Juga: Ini Strategi Kemlu Cegah COVID-19 Masuk ke RI Melalui Pemulangan TKI

2. TKI yang dipulangkan via pesawat mayoritas tujuannya ke Jateng

Ribuan TKI Dari 10 Negara Mudik ke Jateng, Dijemput Petugas KesehatanRatusan penumpang rute domestik mengantre saat menjalani pemeriksaa thermal guns. IDN Times/Fariz Fardianto

Tahap pemulangan TKI dari jalur laut, tambahnya dikerjakan dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Saat ini mayoritas TKI yang sudah balik berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

"Yang naik kapal biasanya berasal dari daerah-daerah di Jatim. Kalau yang naik pesawat mayoritas dari kabupaten/kota di Jateng," paparnya. 

Data manifes para TKI yang pulang tiap pekan selalu dilaporkan kepada Satgas Pencegahan COVID-19. "Data lengkapnya dikumpulkan ke Satgas Covid. Lalu dikoordinir sama KKP untuk dilakukan pemeriksaan ketat di pelabuhan dan Bandara Ahmad Yani juga," jelasnya. 

3. BP3TKI perintahkan petugas kesehatan jemput TKI yang mudik

Ribuan TKI Dari 10 Negara Mudik ke Jateng, Dijemput Petugas KesehatanTKI asal Malaysia senam dan berjemur di Lanud Militer Soewondo, Medan (ANTARA FOTO/SEPTIANDA PERDANA)

Ia telah memerintahkan kepada para petugas Dinas Kesehatan tiap kabupaten dan kota untuk menjemput sejumlah TKI yang pulang kampung. 

"Kalau yang pada pulang ke Jateng, para TKI harus dijemput sama Dinas Kesehatan masing-masing daerah. Diutamakan juga dijemput satgas dari kabupatennya," bebernya.

Menurutnya begitu TKI dinyatakan sehat, bagi yang dari luar kota terutama Kota Surabaya dan NTT langsung dipulangkan dengan biaya masing-masing. "Tergantung sifat TKI, kalau yang biasa wira-wiri, biasanya sudah pesan travel sendiri," pungkasnya. 

Baca Juga: 18.000 TKI Dari Malaysia, Filipina Dipulangkan Lewat Bandara Semarang

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya