Comscore Tracker

Rute BRT Terbatas, Undip Semarang Pilih Operasikan 4 Bus Kampus

Bus kampus akan diresmikan 15 Oktober 2022

Semarang, IDN Times - Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memutuskan mengoperasikan empat bus kampus untuk menyiasati trayek Bus Rapid Trans (BRT) Semarang yang aksesnya masih terbatas. Bus kampus yang dioperasikan sejak tanggal 3 Oktober 2022 itu melayani para mahasiswa mulai jam 07.00 WIB sampai jam 17.00 WIB. 

1. Rute bus kampus akan diperluas lagi

Rute BRT Terbatas, Undip Semarang Pilih Operasikan 4 Bus KampusSebuah bus kampus milik Undip saat mengantarkan mahasiswa di tiap fakultas. (IDN Times/bt)

Menurut Prof Faisal, Wakil Rektor I Bidang Akademik Undip, empat bus kampus melayani rute di lingkungan Undip dengan beberapa titik pemberhentian.

"Dengan memperhatikan animo dan respon positif dari mahasiswa, tidak menutup kemungkinan rutenya akan diperluas hingga luar lingkungan kampus sehingga semakin memperluas akses mahasiswa menikmati fasilitas bus kampus," ungkapnya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Kamis (13/10/2022). 

Baca Juga: BEM Undip Beri Edukasi Soal Deforestasi dan Perubahan Iklim

2. Bus kampus bisa mendukung SDGs

Rute BRT Terbatas, Undip Semarang Pilih Operasikan 4 Bus KampusBus kampus dengan logo Undip saat melewati gerbang kampus Tembalang. (IDN Times/bt)

Lebih lanjut, Prof Faisal menuturkan keberadaan bus kampus turut mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yakni kesehatan yang baik dan kesejahteraan.

Berkurangnya kendaraan pribadi di lingkungan kampus, katanya dengan adanya fasilitas bus kampus akan berdampak pada berkurangnya polusi udara dan polusi suara dari kebisingan deru kendaraan yang berpengaruh pada kualitas kesehatan.

3. Pengoperasian bus kampus untuk bantu mahasiswa yang terkendala akses BRT

Rute BRT Terbatas, Undip Semarang Pilih Operasikan 4 Bus Kampus

Adapun, tujuan mengoperasikan bus kampus demi memfasilitasi mahasiswa berangkat dan pulang kuliah, menghindari kemacetan, juga memberikan keselamatan dibanding berkendara sendiri.

Ia berharap kualitas kesehatan mahasiswa terjaga, dan juga sejahtera, karena lebih hemat pengeluaran dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. 

"Kehadiran bus kampus akan sangat membantu karena BRT Semarang aksesnya terbatas, belum menjangkau semua fasilitas," terangnya. 

4. Operasional bus kampus dilaunching saat Dies Natalis Undip

Rute BRT Terbatas, Undip Semarang Pilih Operasikan 4 Bus Kampuswww.kampusundip.com

Meski sudah beroperasi setengah bulan, akan tetapi bus kampus rencananya baru diresmikan oleh Rektor Undip Prof Yos Johan Utama tanggal 15 Oktober 2022 atau tepat saat perayaan Dies Natalis ke-65. 

Ia yang didaulat menjadi Ketua Penyelenggara Dies Natalis ke-65 Undip juga menyampaikan kampusnya tetap berkomitmen memberi pelayanan terbaik bagi para mahasiswa. 

Untuk menyambut Dies Natalis, pihaknya juga menggelar acara pembagian makanan bergizi kepada mahasiswa secara gratis. Pembagian makanan bergizi saban Selasa dan Rabu. Lokasi pembagian makanan gratis di halaman Student Center Undip, selasar FPIK Undip, tempat parkir SA-MWA Undip, serta Auditorium Undip Pleburan, Jalan Imam Barjo Semarang. 

Baca Juga: Lowongan Kerja di Undip Semarang, Buka 45 Formasi, Cek Syaratnya 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya