Comscore Tracker

Sakramen Unik, 128 Pemuda Katolik Semarang Berikan Sedekah kepada Biksu

Sakramen diwajibkan buat anak berusia 14 tahun

Semarang, IDN Times - Gereja Paroki Santa Theresia Bongsari Semarang punya cara unik untuk mendewasakan pola pikir para jemaatnya. Jika biasanya ibadah sakramen digelar di gereja, kali ini pihak gereja tersebut memilih mengajak 128 anak muda Katolik untuk menyambangi Wihara Maha Dhammaloka, Tanah Putih, Kota Semarang.

1. Anak muda Katolik yang berusia 14 tahun diajak bersedekah ke para biksu

Sakramen Unik, 128 Pemuda Katolik Semarang Berikan Sedekah kepada BiksuAnak muda Katolik saat memasukan makanan ke mangkok biksi Wihara Tanah Putih. (Dok Gereja Bongsari Semarang)

Pastor Gereja Santa Theresia Bongsari Semarang, Romo Eduardus Didik Cahyono mengungkapkan, sesuai ajaran Katolik, anak-anak yang telah menapaki usia 14 tahun diwajibkan mengikuti ibadah sakramen sebagai penanda mereka telah dewasa dalam kehidupan beragama. 

Menurutnya ratusan anak muda lalu diajak ke Wihara Tanah Putih supaya dapat melihat kehidupan para biksu sehingga memiliki pandangan yang dewasa mengenai kerukunan antar umat beragama. 

"Karena ada kencenderungan umat beragama yang semakin eksklusif dan tidak berani bergaul akrab dengan umat beragama lain, maka kita ajak 128 calon penerima sakramen penguatan dari Gereja Bongsari untuk berkunjung ke Wihara Tanah Putih. Kita tunjukkan bahwa orang yang mendalam secara imam mampu menghormati dan bekerja sama dengan banyak umat beragama untuk mewujudkan kebaikan," kata Romo Didik kepada IDN Times, Senin (27/6/2022). 

Baca Juga: Teladani Sikap Yesus, Seorang Pastor di Semarang Cuci Kaki Suster Lansia

2. Kedewasaan seseorang bisa ditunjukan dari sikapnya yang bersahabat

Sakramen Unik, 128 Pemuda Katolik Semarang Berikan Sedekah kepada BiksuWarga melintas di depan mural bertema keberagaman agama di Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, pada 10 Desember 2019. Mural tersebut sebagai media edukasi kepada masyarakat tentang nilai toleransi keberagaman di Indonesia serta pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Kedewasaan iman seseorang, katanya, dapat diukur dari sikapnya yang bersahabat dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda. Sedangkan untuk menyiapkan sakramen, Romo Didik membekali materi ajaran Katolik selama enam bulan bagi ratusan anak muda.

Dengan persiapan tersebut, ia berharap anak muda memiliki pengetahuan iman yang semakin mendalam dan kuat.

"Kami memandang kedewasaan iman seseorang salah satunya justru ditunjukkan dengan kesediaannya bersahabat dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang perbedaan. Dan menjadi hal yang kontradiksi ketika ada orang beragama yang memperlakukan orang lain dengan tidak hormat, menebar kebencian, permusuhan dan melakukan kekerasan," jelasnya. 

3. Sebanyak 128 anak muda berikan makanan kepada para biks

Sakramen Unik, 128 Pemuda Katolik Semarang Berikan Sedekah kepada BiksuRatusan anak muda Katolik dan pengurus Wihara Tanah Putih berfoto bersama. (Dok Gereja Bongsari Semarang)

Di Wihara Tanah Putih, ratusan anak muda Gereja Bongsari disambut langsung oleh Bhikku Cattamano Mahatera. 

Yang istimewa, mereka juga turut mengikuti upacara Pindapatta atau tradisi umat Buddha untuk memberikan sedekah berupa makanan kering, obat-obatan dengan memasukkan ke dalam mangkok yang dibawa para biksu. 

4. Bersedekah bisa membangun persaudaraan

Sakramen Unik, 128 Pemuda Katolik Semarang Berikan Sedekah kepada BiksuMisa sakramen yang digelar di Gereja Bongsari Semarang. (Dok Gereja Bongsari Semarang)

Menurut ketua acara persiapan Penerima Sakramen Penguatan Gereja Bongsari Semarang, Agnes Pawita Dewi, dengan bersedekah, maka bisa membantu para peserta menghayati imannya dengan baik.

"Seluruh peserta dapat mengaktualisasikan imannya dengan berkontribusi membangun persaudaraan, menjaga persatuan dan keutuhan bangsa. Semoga perjumpaan terus berlanjut dengan kerja sama kegiatan lainnya," jelasnya. 

Baca Juga: Lukisan Kayu dan Kalung Emas Dijual buat Biaya Pembuatan Pastoral Gereja Bongsari

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya