Senam Unik Ribuan Mahasiswa FIK Unnes ini Pecahkan Rekor MURI

1.015 gelar senam stay at home

Semarang, IDN Times - Pandemik COVID-19 yang tak kunjung usai rupanya membuat para mahasiswa di Universitas Negeri Semarang (Unnes) tergerak melakukan terobosan. Tak kurang 1.015 mahasiswa baru yang sedang mengikuti program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ini kompak menggelar acara senam stay at home.

Acara yang diinisiasi Menpora Zainudin Amali bersama Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes juga meraih penghargaan dari MURI sebagai peserta mahasiswa baru terbanyak.

1. Menpora anggap senam stay at home bisa menginspirasi masyarakat Indonesia

Senam Unik Ribuan Mahasiswa FIK Unnes ini Pecahkan Rekor MURIPenyerahan rekor MURI kepada perwakilan Unnes untuk penghargaam senam at home. (Dok Humas Unnes)

Menpora Zainudin Amali menyebut jika apa yang sudah dilakukan mahasiswa baru di Unnes bisa menginspirasi masyarakat Indonesia untuk menerapkan pola hidup sehat selama pandemik COVID-19.

"Saya mengapresiasi kerjasama dengan Unnes untuk menyelanggarakan senam stay at home secara virtual. Sebab ini bisa mengajak masyarakat supaya rutin olahraga dan tentunya dapat respon yang bagus dari masyarakat," ujar Zainudin dalam keterangan yang didapat IDN Times, Sabtu (21/8/2021).

Ia mengatakan senam stay at home jadi kegiatan mewujudkan program Indonesia Bugar yang digelorakan Kemenpora. Tujuannya demi mengajak masyarakat hidup sehat dengan berolahraga.

Baca Juga: Buka PKKMB Unnes, Ini Pesan Mendikbud Nadiem Makarim ke 10.359 Maba

2. Senam jadi satu-satunya cara untuk tetap bugar dan sehat

Senam Unik Ribuan Mahasiswa FIK Unnes ini Pecahkan Rekor MURIPixabay/geralt

Sementara itu, Dekan FIK Unnes Prof Tandiyo Rahayu menyatakan senam stay at home yang digelar dengan mahasiswa baru FIK merupakan cara untuk menjaga imunitas dan tubuh tetap bugar. 

"Kita berusaha menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat di masa pandemik yang belum menemukan titik terang. Sehingga satu-satunya jalan ya dengan rutin berolahraga," ujarnya.

3. Sebuah senam bisa dilakukan terukur di dalam rumah

Senam Unik Ribuan Mahasiswa FIK Unnes ini Pecahkan Rekor MURIPexels/Bruce Mars

Ia bilang senam bisa dilakukan dimana pun secara individu maupun berkelompok. Kegiatan senam cocok digelar saat pandemik karena punya gerakan yang terukur, berirama dan dapat dilakukan di dalam rumah.

"Kita berharap senam stay at home bisa menggerakkan masyarakat untuk aktif beraktivitas mana saja, kapan saja. Jaga selalu kesehatan dan jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di manapun kalian berada," imbuhnya.

Sedangkan, Ketua Panitia PKKMB FIK, Sasi Pramita Jatiningsih mengapresiasi kekompakan mahasiswa baru dan seluruh elemen yang berperan dalam menyukseskan pemecahan rekor MURI senam stay at home.

Baca Juga: Pengin Kelar Skripsi saat Pandemik? Ini 5 Jurus Jitu dari Wakil Rektor Unnes

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya