Sudaryono Ungkap Tugas Barunya Sebagai Wamentan: Pangan Kedaulatan Negara

Sudaryono resmi jadi Wamentan

Semarang, IDN Times - Ketua Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono mengatakan tetap senantiasa menjalankan amanah yang diberikannya sebagai wakil menteri pertanian (Wamentan). Seperti diketahui Sudaryono Kamis kemarin resmi menjabat Wamentan untuk menggantikan posisi Harvick Hasnul Qolbu. 

Baca Juga: Hari Pertama Masuk Kerja, Wamentan Sudaryono Siap Dukung Swasembada

1. Sudaryono kepengin Indonesia berdaulat pangan

Sudaryono Ungkap Tugas Barunya Sebagai Wamentan: Pangan Kedaulatan NegaraSudaryono dilantik sebagai Wamentan pada Selasa (17/7/2024) oleh Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sudaryono menegaskan akan mengabdikan dirinya untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Hal ini juga seiring dengan cita-cita presiden terpilih, Prabowo Subianto yang mengiginkan Indonesia berdaulat di sektor pangan.

"Mohon doa dan restunya. Pangan adalah kedaulatan negara," ujarnya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Jumat (19/7/2024). 

2. Janji laksanakan tugas sebaik-baiknya

Sudaryono Ungkap Tugas Barunya Sebagai Wamentan: Pangan Kedaulatan NegaraAkibat harganya murah, tanaman tomat milik petani di desa Sidomulyo Kecamatan Sidorejo Magatan dibiarkan membusuk di pohon. IDN Times/ Riyanto.

Menurutnya sektor pertanian merupakan hal yang sangat penting bagi kedaulatan pangan.

"Apapun kan ini tugas amanah jadi kita laksanakan sebaik-baiknya. Pertanian sentra vital, kedaulatan pangan salah satunya tergantung pada pangan," tambahnya. 

3. Sudaryono: Akan berikan solusi agar panen harga stabil

Sudaryono Ungkap Tugas Barunya Sebagai Wamentan: Pangan Kedaulatan NegaraIlustrasi beras merah, putih, coklat (freepik.com/ freepik)

Di samping itu, guna mencapai kedaulatan pangan, maka dirinya akan membenahi sejumlah persoalan yang dihadapi para petani di Indonesia. 

“Dengan begitu, petani lebih mudah mendapatkan pupuk bersubsidi,” katanya lagi. 

Kemudian, katanya perbaikan persoalan lainnya yakni mengenai musim panen yang menyebabkan harga yang anjlok. Sehingga petani dirugikan. 

Sudaryono berkata akan terus memperjuangkan bagaimana agar harga saat panen bisa stabil sehingga petani bisa untung.

“Kami ingin memberikan solusi dan memperjuangkan bagaimana ketika saat panen harga stabil. Petani harus dilindungi dan disejahterakan, tetapi harga jual juga tidak boleh merugikan konsumen. Jadi semua diuntungkan,” tandasnya. 

Baca Juga: Gibran Mundur, Sekda Jateng Tegaskan Teguh Prakosa Jadi Walikota Solo Definitif

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya